MUSIK KREATIF SEBAGAI PEMBENTUK IDENTITAS SOSIAL (STUDI TERHADAP KARYA-KARYA MUSIK KREATIF SANGGAR NUUN YOGYAKARTA TAHUN 2012-2016)

AKHMAD ABDILLAH BARSAS, NIM. 10540054 (2017) MUSIK KREATIF SEBAGAI PEMBENTUK IDENTITAS SOSIAL (STUDI TERHADAP KARYA-KARYA MUSIK KREATIF SANGGAR NUUN YOGYAKARTA TAHUN 2012-2016). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MUSIK KREATIF SEBAGAI PEMBENTUK IDENTITAS SOSIAL (STUDI TERHADAP KARYA-KARYA MUSIK KREATIF SANGGAR NUUN YOGYAKARTA TAHUN 2012-2016))
10540054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MUSIK KREATIF SEBAGAI PEMBENTUK IDENTITAS SOSIAL (STUDI TERHADAP KARYA-KARYA MUSIK KREATIF SANGGAR NUUN YOGYAKARTA TAHUN 2012-2016))
10540054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Judul tugas akhir atau skripsi ini adalah ―Musik Kreatif Sebagai Pembentuk Identitas Sosial (Studi Terhadap Musik Kreatif Sanggar Nuun Yogyakarta tahun 2012-2016)‖. Dalam pola penciptaan musik di Sanggar Nuun selalu didasari dengan teks naskah atau puisi dengan muatan nilai-nilai agama, dan dalam pola penciptaan musik Sanggar Nuun lebih menekankan ke wilayah nuansa atau emosi dalam suatu musik, karena itu alur nada yang digunakan tidak seperti alur tangga nada pada teori musik yang ada, alur tangga nada yang tercipta sesuai dengan kebutuhan teks naskah pertunjukan atau naskah puisi. Hal ini yang diakan ditekankan penulis sebagai hal yang menjadi identitas dari komunitas Sanggar Nuun Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik observasi partisipasi dan Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Identitas Sosial Richard Jenkins, sebagaimana yang dijelaskan Jenkins dalam tiga pola identifikasi The Individual Order, The Intraction Order, The Institutional Order. Objek dari penelitian ini adalah karya Musik Kreatif Sanggar Nuun Yogyakarta pada tahun 2012-2016. Selain mengetahui bentuk identitas sosial melalui Musik Kreatif, penelitian ini juga untuk mengetahui nilai-nilai agama dalam karya Sanggar Nuun. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa Musik Kreatif Sanggar Nuun membentuk identitas sosial Sanggar Nuun dengan mengkerucutkan tiga pola identifikasi tersebut menjadi dua pola identifikasi dan pembentuk identitas kelompok yaitu Common Sense dan Common Knowledge. Common Sense yang dijelaskan Jenkins sebagai pembentuk identitas sosial, Sanggar Nuun adalah komunitas yang bergerak di wilayah kesenian dan kebudayaan di bawah nanungan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya di Universitas Isalam Negeri Sunan Kalijaga. Common knowledge melihat dalam wilayah bermusik Sanggar Nuun tercipta dari eksplorasi nada yang membentuk overtune, harmoni, yang kemudian membentuk sebuah ritmik dalam komposisi musik. Semua hal tersebut kemudian ditunjang dengan visual performe dalam sebuah pertunjukan. Pertunjukan yang ditawarkan oleh Sanggar Nuun juga dijadikan ruang kontemplasi bagi pelaku proses yang terlibat di dalamnya, dimana muatan dalam setiap proses penciptaan musik Sanggar Nuun bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang makna kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Munawar Ahmad S.S M.Si
Uncontrolled Keywords: The Individual Order, The Intraction Order, The Institutional Order
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Dec 2017 10:07
Last Modified: 18 Dec 2017 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28671

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum