KONSTRUKSI SOSIAL PEREMPUAN DALAM PERNIKAHAN DINI (STUDI KASUS DI DESA NGEPANREJO, KECAMATAN BANDONGAN, KABUPATEN MAGELANG)

ANA RAHMAWATI, NIM. 10540072 (2017) KONSTRUKSI SOSIAL PEREMPUAN DALAM PERNIKAHAN DINI (STUDI KASUS DI DESA NGEPANREJO, KECAMATAN BANDONGAN, KABUPATEN MAGELANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI SOSIAL PEREMPUAN DALAM PERNIKAHAN DINI (STUDI KASUS DI DESA NGEPANREJO, KECAMATAN BANDONGAN, KABUPATEN MAGELANG))
10540072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI SOSIAL PEREMPUAN DALAM PERNIKAHAN DINI (STUDI KASUS DI DESA NGEPANREJO, KECAMATAN BANDONGAN, KABUPATEN MAGELANG))
10540072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang disharmonisasi yang terjadi dalam pernikahan dini. Hal tersebut terjadi akibat adanya konstruksi perempuan yang asimatris dalam masyarakat patriarki. Penelitian ini mengkaji lebih dalam akar penyebab dan bentuk-bentuk diskriminasi yang terjadi didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan analisis data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, serta triangulasi sumber. Analisis dilakukan mencari serta menyusun secara sistematis data-data yang diperoleh dari wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumetasi serta bahan-bahan lain. Analisis data kualitatif ini bersifat deskriptif-analitik yakni dengan prosedur mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Sumber data primernya adalah adalah pelaku pernikahan dini, suami dan orang tua dari perempuan pelaku pernikahan dini. Sumber data sekundernya buku dan penelitian tentang pernikahan dini yang pernah dilakukan. Adapun untuk melihat bentuk konstruksi sosial perempuan dalam pernikahan dini di Desa Ngepanrejo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang dibahas menggunakan kacamata teori gender feminis dan teori gender Mansour Fakih. Dari penelitian ini ditemukan bahwa konstruksi perempuan yang ada di masyarakat bahwa perempuan ketika sudah dewasa belum menikah dianggap sebagai perawan tua/ tidak laku, perempuan yang menikah dini sebagai tolak ukur keberhasilan orang tua dalam membesarkan anak, pendidikan formal tidak penting bagi perempuan, perempuan sebagai beban ekonomi keluarga, ketika sudah baligh perempuan dianjurkan untuk segera menikah, perempuan menjadi pembantu rumah tangga. Dari konstruksi tersebut muncul diskriminasi yaitu perempuan hanya sebagai pelayan rumah tangga, perempuan harus selalu patuh pada suami, perempuan memiliki ruang gerak terbatas, perempuan menanggung beban ganda hingga perempuan menjadi pelampiasan kekerasan dalam rumah tangga pernikahan dini. Pernikahan dini tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu keinginan berbagi beban, kurangnya kesadaran bercitacita, kurangnya wawasan tentang hakekat pernikahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag., M.Hum., MA.
Uncontrolled Keywords: KonstruksiPerempuan, Diskriminasi, AkarPenyebabPernikahanDini
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Dec 2017 03:19
Last Modified: 18 Dec 2017 03:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28673

Actions (login required)

View Item View Item