KAPITALISASI PERAN MASJID JOGOKARIYAN DALAM MEMBENTUK PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT KAMPUNG JOGOKARIYAN MANTRIJERON YOGYAKARTA

FATIMAH, NIM. 13540043 (2017) KAPITALISASI PERAN MASJID JOGOKARIYAN DALAM MEMBENTUK PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT KAMPUNG JOGOKARIYAN MANTRIJERON YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAPITALISASI PERAN MASJID JOGOKARIYAN DALAM MEMBENTUK PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT KAMPUNG JOGOKARIYAN MANTRIJERON YOGYAKARTA)
13540043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (KAPITALISASI PERAN MASJID JOGOKARIYAN DALAM MEMBENTUK PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT KAMPUNG JOGOKARIYAN MANTRIJERON YOGYAKARTA)
13540043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Masjid Jogokariyan merupakan masjid yang berada di Kampung Jogokariyan, Mantrijeron Yogyakarta. Masjid Jogokariyan berdiri pada tahun 1966, masyarakat jogokariyan sebelum masjid Jogokariyan berdiri dalam hal keberadaannya masih belum religius dan dalam bidang lain seperti keagamaan,ekonomi, dan kesehatan juga belum maju. Setelah masjid Jogokariyan ini berdiri, perlahan dengan pasti masyarakatnya mulai berubah. Masjid Jogokariyan memiliki peran yang cukup penting dalam membawa perubahan dilingkungan sekitar yakni masyarakat Jogokariyan melalui kegiatankegiatannya sehingga menarik minat peneliti untuk melakukan penelitian tentang kapitalisasi peran masjid Jogokariyan dalam membentuk perubahan sosial masyarakat Kampung Jogokariyan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskripstif. Sumber data diperoleh dari beberapa informan, tempat dan peristiwa serta dokumentasi. Peneliti memilih informan yakni pengurus masjid Jogokariyan, pengurus RT setempat, pengurus Desa setempat serta beberapa warga Kampung Jogokariyan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan analisisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini merupakan deskriptif analisis yaitu peneliti akan mendeskripsikan secara objektif pada data yang telah peneliti kumpulkan dan melakukan analisis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi rasionalisme dan kapitalisme. Perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat biasanya dipelopori oleh suatu lembaga tertentu, dimana lembaga tersebut memilki posisi atau kedudukan yang sangat penting. Berkaitan dengan perubahan sosial tersebut peneliti menggunakan teori rasionalisme dan kapitalisme Max Weber Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan berdirinya masjid Jogokariyan dan banyaknya kegiatan masjid mendorong rasionalitas masyarakat untuk mengikuti kegiatan tersebut bermacam-macam dan dampak dari kapitalisasi masjid membawa perubahan sosial di masyarakat kampung Jogokariyan. Salah satunya adalah munculnya hotel-hotel atau pun usaha-usaha pertokoan, orang berjualan yang memanfaatkan masjid karena banyaknya pengunjung yang datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Masroer S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Max Weber
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Dec 2017 10:47
Last Modified: 18 Dec 2017 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28679

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum