PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN PENGELUARAN ZAKAT PADA PT. BANK BRI SYARI’AH DAN PT. BNI SYARI’AH

SYUKRIMAN ADI SYAH PUTRA, NIM: 13820061 (2017) PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN PENGELUARAN ZAKAT PADA PT. BANK BRI SYARI’AH DAN PT. BNI SYARI’AH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN PENGELUARAN ZAKAT PADA PT. BANK BRI SYARI’AH DAN PT. BNI SYARI’AH)
13820061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN PENGELUARAN ZAKAT PADA PT. BANK BRI SYARI’AH DAN PT. BNI SYARI’AH)
13820061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Hadirnya perbankan syari’ah merupakan representasi dari sistem ekonomi Islam yang menegaskan secara ekplisit dan tegas orientasi sosial didalamnya. Salah satu fungsi sosial tersebut adalah zakat. Orientasi bank syari’ah terhadap zakat beranding lurus terhadap profitabilitas perusahaan tersebut, sebab untuk meningkatkan kemampuan zakat bank syari’ah harus terlebih dahulu meningkatkan profitabilitasnya. Pesatnya pertumbuhan dan perkembangan perbankan syari’ah di Indonesia berpotensi besar meningkatkan jumlah zakat. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Rasio Profitabilitas terhadap tingkat kemampuan pengeluaran zakat pada PT. Bank BRI Syari’ah dan PT. Bank BNI Syari’ah, dengan Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) sebagai proksi dari Rasio Profitabilitas. Data dalam penelitian ini berasal dari laporan keuangan Triwulanan (Quarterly report) PT. Bank BRI Syari’ah dan PT. Bank BNI Syari’ah dari tahun 2011 sampai tahun 2015. Metode yang digunakan dalam pengelolaan data adalah analisis regresi berganda. Hasil pengujian regresi linier berganda dalam penelitian ini dengan menggunakan IBM SPSS 19 sebagai alat analisisnya menunjukkan bahwa secara simultan variabel Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) secara statistik terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kemampuan pengeluaran zakat. Secara partial penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Return On Equity (ROE) secara statistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pengeluaran zakat. Variabel Return On Asset (ROA) secara statistik tidak berpengaruh terhadap kemampuan pengeluaran zakat. Kata Kunci : Zakat, Return On Asset (ROA), dan Return On Equity (ROE).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. M. YAZID AFFANDI, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Zakat, Return On Asset (ROA), dan Return On Equity (ROE).
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Dec 2017 13:54
Last Modified: 18 Dec 2017 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28685

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum