ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA YOGYAKARTA TERHADAP PENGGUNAAN PEMBAYARAN NON TUNAI

MARIO KURNIAWAN EFENDI, NIM: 13820084 (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA YOGYAKARTA TERHADAP PENGGUNAAN PEMBAYARAN NON TUNAI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA YOGYAKARTA TERHADAP PENGGUNAAN PEMBAYARAN NON TUNAI)
13820084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA YOGYAKARTA TERHADAP PENGGUNAAN PEMBAYARAN NON TUNAI)
13820084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi mahasiswa Yogyakarta terhadap penggunaan alat pembayaran non tunai di D.I.Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa di enam Perguruan Tinggi Yogyakarta, yang mempunyai jumlah mahasiswa paling banyak dengan 100 sampel. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan mengolah data-data yang diperoleh dari kuesioner setelah terlebih dahulu ditransformasikan ke dalam bentuk data numerik (angka) dengan menggunakan skala Likert. Data tersebut diolah dengan bantuan program SPSS 23. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari kelima variabel efisiensi, keamanan, infrastruktur, pendapatan, dan fitur layanan hanya variabel keamanan dan pendapatan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi mahasiswa Yogyakarta menggunakan pembayaran non tunai. Sedangkan variabel efisiensi, infrastruktur, dan fitur layanan tidak berpengaruh terhadap penggunaan pembayaran non tunai. Hal ini terjadi karena kurangnya sosialisasi tentang pembayaran non tunai dan kurangnya infrastruktur yang berada di D.I.Yogyakarta. Sehingga, mahasiswa masih gemar melakukan pembayaran secara tunai dalam kegiatan sehari-hari. Diharapkan kepada Bank Indonesia lebih gencar lagi dalam mensosialisasikan tentang pembayaran non tunai serta manfaat dari penggunaannya, untuk mewujudkan tujuan mengenai Less Cash Society atau masyarakat yang lebih gemar menggunakan pembayaran non tunai. Kata kunci: Pembayaran Non Tunai, Preferensi Mahasiswa Yogyakarta, Efisiensi, Keamanan, Infrastruktur, Pendapatan, dan Fitur Layanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MUHAMMAD GHAFUR WIBOWO, SE., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pembayaran Non Tunai, Preferensi Mahasiswa Yogyakarta, Efisiensi, Keamanan, Infrastruktur, Pendapatan, dan Fitur Layanan.
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Dec 2017 14:02
Last Modified: 18 Dec 2017 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28687

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum