TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN BARANG GADAI DALAM SISTEM SEWA MENYEWA DI NOL KM SOUND SYSTEM YOGYAKARTA

FAKHRUL KHOLIFI, NIM. 10380004 (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN BARANG GADAI DALAM SISTEM SEWA MENYEWA DI NOL KM SOUND SYSTEM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN BARANG GADAI DALAM SISTEM SEWA MENYEWA DI NOL KM SOUND SYSTEM YOGYAKARTA)
10380004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN BARANG GADAI DALAM SISTEM SEWA MENYEWA DI NOL KM SOUND SYSTEM YOGYAKARTA)
10380004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan zaman menciptakan beragam pola pemikiran dan kebutuhan masyarakat. Kebutuhan masyarakat kini mencakup berbagai aspek kehidupan termasuk kegiatan acara-acara atau event. Dalam event tersebut dibutuhkan beragam alat sound system untuk menunjang event tersebut agar berjalan lancar. Namun tidak semua orang bisa mempunyai alat dan keperluan acara dikarenakan perawatan dan biaya pembelian yang tinggi. Hingga kemudian memunculkan bisnis sewa-menyewa alat sound system untuk keperluan acara. Salah satu usaha yang menyediakan alat sound system adalah Nol KM Sound System. Nol KM Sound System menyediakan alat dan perlengkapan acara melalui modal pribadi dan barang-barang yang digadaikan kepada Nol KM Sound System. Namun dalam prakteknya barang pegadaian yang disewakan kepada penyewa tidak diberitahukan status barang tersebut kepada penyewa, apakah barang tersebut milik pihak Nol KM atau pihak yang lain. Hal ini menimbulkan beberapa masalah mengenai akad, objek dan pemanfaatan barang gadai yang disewakan oleh pihak Nol KM Sound System dari segi hukum Islam. Karena pada dasarnya barang pegadaian tidak boleh dipergunakan atau dimanfaatkan oleh pihak penggadai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif. Sementara jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan objek utamanya adalah data yang di dapati dari Nol KM Sound System. Dalam rangka mencari validitas data yang komperehensif serta tidak menutup kemungkinan agar semakin faktualnya data penyusun menggunakan beberapa cara dalam menyajikannya, yakni dengan observasi dan wawancara kepada pemilik, pelanggan, dan karyawan Nol KM Sound System. Dalam penelitian ini, penyusun menggunakan analisis induktif, yaitu suatu metode yang digunakan untuk menganalisis data atas fakta-fakta yang bersifat khusus, lalu dari fakta-fakta tersebut ditarik kesimpulan umum apakah fenomena yang terjadi bersesuaian atau tidak dengan aturan-aturan yang telah ada. Hasil penelitian ini adalah dalam perjanjian sewa menyewa sudah sesuai dengan hukum Islam. Termasuk ketika ada kendala barang pegadaian yang disewa, pihak Nol KM juga telah melakukan akad dengan pemilik barang gadaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abdul Mughits, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: sewa-menyewa, ijārah, gadai.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Dec 2017 14:58
Last Modified: 21 Dec 2017 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28717

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum