PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIYAH AL-QUR'AN DEPOKAN KOTAGEDE YOGYAKARTA (Tinjauan Teori Perkembangan Kognitif)

ABAS NIM. 05410145, (2009) PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIYAH AL-QUR'AN DEPOKAN KOTAGEDE YOGYAKARTA (Tinjauan Teori Perkembangan Kognitif). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIYAH AL-QUR’AN DEPOKAN KOTAGEDE YOGYAKARTA (Tinjauan Teori Perkembangan Kognitif))
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIYAH AL-QUR’AN DEPOKAN KOTAGEDE YOGYAKARTA (Tinjauan Teori Perkembangan Kognitif))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (298kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang terjadi di Madrasah Diniyah Al-Qur'an Depokan Kota Gede Yogyakarta kelas Awwaliyah dengan menggunakan sudut pandang psikologi perkembangan kognitif. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat ipergunakan untuk dasar dalam melakukan proses pembelajaran dengan melihat tahap perkembangan kognitif siswa. Penulis melakukan penelitian pada proses pembelajaran yang ada di Madrasah Diniyah tingkat Awwaliyah pada kelas 1, 2, 3, dan 4. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian dan sekaligus sebagai sumber data adalah Kepala sekolah, Guru Fiqih, Siswa-siswi Madrasah Diniyah, Proses pembelajaran Fiqih. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data Madrasah Diniyah Al-Qur'an Depokan Kotagede Yogyakarta, pada Diniyah Awaliyah kelas 1, 2, 3, dan 4. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan memberi arti, makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dalam skripsi ini menggunakan teknik triangulasi yakni dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa; Sebagian besar dalam pengajarannya guru menggunakan metode klasikal karena tidak tersedianya media ataupun sarana yang memadai di Madrasah, sehingga proses pembelajaran yang terjadi cenderung monoton. Padahal jumlah siswa dalam tiap kelas tidak terlalu banyak. Disamping itu guru juga kurang dapat memperhatikan tahap perkembangan kognitif siswanya, sehingga dalam melakukan proses pembelajaran guru kurang mengarah pada pembentukan karakter siswa. Di usianya yang berkisar antara 7-12 tahu siswa berada dalam tahap operasional kongkrit. Dalam tahap ini siswa membutuhkan model pembelajaran yang mengarah pada pembentukan karakter siswa dengan cara belajar yang kongkrit menurut siswa. Siswa harus ikut aktif dalam melakukan pembelajaran. Pemahaman ini harus bisa dikuasai oleh seluruh guru yang mengajar, agar proses pembalajarannya sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif siswa. Disamping guru harus memahmi akan tahap perkembangan kognitif siswanya, guru juga harus mengimplementasikan dalam bentuk pengajaran di kelas juga penggunaan media dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Fiqih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2012 15:29
Last Modified: 03 Sep 2012 15:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2874

Actions (login required)

View Item View Item