STUDI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENGGALANGAN DANA DAN DISTRIBUSI ZAKAT INFAQ DAN SEDEKAH LAZIS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

HENDRA HIDAYATULOH, NIM. 10380041 (2017) STUDI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENGGALANGAN DANA DAN DISTRIBUSI ZAKAT INFAQ DAN SEDEKAH LAZIS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENGGALANGAN DANA DAN DISTRIBUSI ZAKAT INFAQ DAN SEDEKAH LAZIS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
10380041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENGGALANGAN DANA DAN DISTRIBUSI ZAKAT INFAQ DAN SEDEKAH LAZIS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
10380041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Di negara Indonesia lembaga amil zakat pada saaat ini sudah berkembang secara pesat, baik dikelola oleh lembaga swasta maupun lembaga pemerintah, tetapi perlu diberdayakan lagi potensi dana zakat tersebut yang tidak hanya sebagai bentuk kewajiban tetapi juga untuk memberantas kemiskinan. Zakat bagi perkembangan ekonomi umat Islam merupakan suatu bagian yang sangat penting karena melalui zakat infaq dan sedekah dapat meningkatkan perekonomian umat. LAZIS Muhammadiyah Yogyakarta merupakan salah satu lembaga amil zakat infaq dan sedekah sekaligus sebagai lembaga sosial. Konsep dasar fiqh untuk zakat infaq dan sedekah yang digunakan untuk sistem ekonomi Islam dikaji dari al-Qur'an dan al-Hadits sebagai sumber utama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengumpulan/ penggalangan dana dan distribusi zakat infaq dan sedekah yang dikelola LAZIS Muhammadiyah Yogyakarta untuk memeratakan ekonomi umat sebagai baguian dari kepedulian dan memberantas kemiskinan. Jenis yang dilakukan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian lapangan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan tentang orang-orang atau perilaku yang diamati. Untuk mendapatkan hasil penelitian tersebut diperlukan informasi yang akurat dan data-data yang mendukung dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi di LAZIS Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mekanisme yang dilaksanakan oleh LAZIS Muhammadiyah Yogyakarta baik dalam pengumpulan maupun pendistribusian zakat infaq dan sedekah juga sesuai dengan hukum yang berlaku. Yaitu sesuai dengan tuntunan yang ada dalam al-Qur'an dan al-Hadits serta mencapai tujuan syariat dalam usul al-khamsah fi@ maqasid as-syari@'ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Zusiana Elly, SHI., MSI.
Uncontrolled Keywords: LAZIS Muhammadiyah, pengumpulan dan pendistribusian
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Dec 2017 08:02
Last Modified: 22 Dec 2017 08:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28742

Actions (login required)

View Item View Item