SHAKHSIYYAH FARIS WA 'INAYAT FI AL RIWAYAH LAYL WA QUDBAN LI NAJIB AL KAYLANIY (DIRASAH TAHLILIYYAH PSIKOLOJIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG)

Rahimal Khair, NIM. 13110012 (2017) SHAKHSIYYAH FARIS WA 'INAYAT FI AL RIWAYAH LAYL WA QUDBAN LI NAJIB AL KAYLANIY (DIRASAH TAHLILIYYAH PSIKOLOJIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SHAKHSIYYAH FARIS WA 'INAYAT FI AL RIWAYAH LAYL WA QUDBAN LI NAJIB AL KAYLANIY (DIRASAH TAHLILIYYAH PSIKOLOJIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG))
13110012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (SHAKHSIYYAH FARIS WA 'INAYAT FI AL RIWAYAH LAYL WA QUDBAN LI NAJIB AL KAYLANIY (DIRASAH TAHLILIYYAH PSIKOLOJIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG))
13110012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Syakhshiyyah Faris wa Inayah fill Riwayah Lail wa Qudhban Li Najib Al-Kailani (Dirasah Tahliliyyah Sikulujiyyah li Carl Gustav Jung). Yang melatar belakangi pemilihan judul penelitian ini adalah bahwa karya sastra merupakan fenomena psikologi yang menampilkan aspekaspek kejiwaan manusia. Salah satu karya sastra yang demikian adalah novel yang berjudul Lail wa Qudhban karya Najib Al-kailani yang menceritakan fenomena psikologis tokoh Faris dan Inayah yang mendominasi cerita. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan psikologi analitil Carl Gustav Jung, sehingga kepribadian dan perubahan kepribadian tokoh Faris dan Inayah dalam novel tersebut dapat diungkapkan. Ada beberapa hal menarik dan relevan dalam teori kepribadian Jung, diantaranya ranah tingkat kepribadian (level of the psyche) dan dinamika perubahan kepribadian. Dalam tingkat kepribadian Jung, terdapat kesadaran, ketidaksadaran pribadi, ketidaksadaran kolektif, dan arketip. Pada ranah perubahan kepribadian ada progresi dan regresi. Progresi melihat perubahan karena pengaruh lingkungan, sementara regresi karena pengaruh psikologis individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepribadian tokoh Faris dan Inayah dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan kepribadian mereka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan fakta-fakta yang ada di dalam novel kemudian dianalisis dengan teori psikologi Carl Gustav Jung. Peneliti menemukan bahwasanya kepribadian yang paling dominan pada tokoh Faris ialah introvert-perasaan, sementara Inayah ekstrover-pikiran. Perubahan kepribadian Faris dan Inayah mengarah ke perubahan yang gagal karena Faris didominasi oleh pengaruh dari lingkungan (progressive) dan Inayah oleh pengaruh psikologis (regressive). Kata kunci : kesadaran, ketidaksadaran pribadi, ketidaksadaran kolektif, arketip, introvert, ekstrovert, progresi, regresi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hisyam Zaini, MA
Uncontrolled Keywords: kesadaran, ketidaksadaran pribadi, ketidaksadaran kolektif, arketip, introvert, ekstrovert, progresi, regresi.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Dec 2017 08:45
Last Modified: 27 Dec 2017 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28746

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum