PENERAPAN PRINSIP SYARIAH PADA PRAKTIK PERDAGANGAN SAHAM MELALUI SHARIA ONLINE TRADING SYSTEM DI FIRST ASIA CAPITAL YOGYAKARTA

HANNY SARAH, NIM. 13380005 (2017) PENERAPAN PRINSIP SYARIAH PADA PRAKTIK PERDAGANGAN SAHAM MELALUI SHARIA ONLINE TRADING SYSTEM DI FIRST ASIA CAPITAL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PRINSIP SYARIAH PADA PRAKTIK PERDAGANGAN SAHAM MELALUI SHARIA ONLINE TRADING SYSTEM DI FIRST ASIA CAPITAL YOGYAKARTA)
13380005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PRINSIP SYARIAH PADA PRAKTIK PERDAGANGAN SAHAM MELALUI SHARIA ONLINE TRADING SYSTEM DI FIRST ASIA CAPITAL YOGYAKARTA)
13380005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

First Asia Capital Yogyakarta merupakan salah satu kantor cabang dari First Asia Capital yang bergerak pada kegiatan usaha sebagai Perantara Perdagangan Efek (PPE). Produk investasi perdagangan saham yang ditawarkan adalah sistem online trading konvensional yang dikenal dengan FAST (First Asia Smart Trading) dan sharia online trading system yang dikenal dengan FAST Syariah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana praktik perdagangan saham yang dilakukan oleh Nasabah FAST Syariah Yogyakarta guna mengungkapkan apakah praktik yang dilakukan sesuai dengan prinsip syariah yaitu tidak melakukan transaksi maisir. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini merupakan penelitian preskriptif dan pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara. Adapun pendekatan yang digunakan untuk menganalisis permasalahan adalah pendekatan normatif. Penelitian ini menggunakan analisa data kualitatif dengan teknik analisis berfikir induktif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa praktik perdagangan saham yang dilakukan oleh nasabah FAST Syariah Yogyakarta sudah sesuai dengan prinsip syariah yaitu tidak terdapat transaksi yang mengandung unsur maisir. Karena, nasabah mendasari keputusan investasi tidak dengan sikap untung-untungan, tetapi dilaksanakan dengan melakukan analisis fundamental dan analisis teknikal. Selain itu nasabah juga tergolong pada investor rational speculation, yaitu investor yang mendasari keputusan investasinya pada informasi terpercaya tentang faktor-faktor fundamental ekonomi dan perusahaan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, M.A.,
Uncontrolled Keywords: First Asia Capital Yogyakarta, Sharia Online Trading System, FAST Syariah, Prinsip Syariah, Perdagangan Saham
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Dec 2017 03:26
Last Modified: 27 Dec 2017 03:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28750

Actions (login required)

View Item View Item