SHAKHSIYYAH AMRU BIN HISYAM FI AL QISSAH AL QASIRAH SARI' AL HASAD (DIRASAH TAHLILIYYAH PSIKOLOJIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG)

SYAMSUL ARIFIN, NIM. 13110037 (2017) SHAKHSIYYAH AMRU BIN HISYAM FI AL QISSAH AL QASIRAH SARI' AL HASAD (DIRASAH TAHLILIYYAH PSIKOLOJIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SHAKHSIYYAH AMRU BIN HISYAM FI AL QISSAH AL QASIRAH SARI' AL HASAD (DIRASAH TAHLILIYYAH PSIKOLOJIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG))
13110037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (SHAKHSIYYAH AMRU BIN HISYAM FI AL QISSAH AL QASIRAH SARI' AL HASAD (DIRASAH TAHLILIYYAH PSIKOLOJIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG))
13110037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul al-Qishah al-Qashirah Shari’ al-Hasad li Taha Husein (Dirasah Tahliliyyah Sikulujiyyah li Carl Gustav Jung). Cerpen ini bercerita tentang kebencian Amru bin Hisyam atas Nabi Muhammad SAW. Tokoh utama pada cerpen ini adalah Amru bin Hisyam atau yang terkenal dengan Abu Jahal. Peneliti tertarik mengkaji karya ini karena; pertama, cerpen Shari’ Al-Hasad ini ditulis oleh sastrawan Mesir yang ternama, ia adalah Taha Husein. Kedua, peneliti menemukan konflik psikologis yang terdapat dalam tokoh utama dalam cerpen ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan psikologi analitik Carl Gustav Jung, sehingga kepribadian dan perubahan kepribadian tokoh Amru bin Hisyam dalam cerpen ini dapat diungkapkan. Dalam penelitian ini peneliti berusaha untuk menjawab empat rumusan masalah penting yaitu : 1. Bagaimana struktur kepribadian tokoh Amru bin Hisyam dalam cerpen shari’ al-Hasad li Taha Husain? 2. Perilaku apa yang paling dominan yang dimiliki oleh tokoh Amru Bin Hisyam dalam cerpen Shari’ al-Hasad karya Taha Husain?. 3. Proses Perubahan perilaku tokoh utama Amru bin Hisyam dalam cerpen Shari’ al-Hasad karya Taha Husain? 4. Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan psikologi tokoh Amru bin Hisyam dalam cerpen Shari’ al-Hasad karya Taha Husain?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Struktur kepribadian tokoh Amru Bin Hisyam dan perilaku dominan serta faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan kepribadiannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan fakta-fakta yang ada di dalam Cerpen kemudian dianalisis dengan teori psikologi Carl Gustav Jung. Peneliti menemukan bahwasanya struktur kepribadian tokoh utama Amru bin Hisyam terbentuk dari : 1. Kesadaran : bahwa tokoh Amru suka kebebasan dengan pola hidup mewah. 2. Ketidak sadaran pribadi : dia mempunyai pengalaman buruk dengan Muhammad pada masa mudanya yang menyebabkan awal kebenciannya atas Muhammad. 3. Ketidak sadaran kolektif : arketip pada tokoh amru, persona, anima-animus, shadow, self, orang tua bijak. Perilaku yang paling dominan pada tokoh Amru bin Hisyam ialah ekstrovert. Perubahan perilaku tokoh amru bin hisyam : dari baik ke jahat. Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan kepribadian tokoh Amru Bin Hisyam adalah 1. pengalaman masa lalu 2. Perkembangan agama islam yang sangat pesat 3. Pengaruh syetan. Kata kunci : kesadaran, ketidaksadaran pribadi, ketidaksadaran kolektif, arketip, ekstrovert.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Kanif Anwari, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: kesadaran, ketidaksadaran pribadi, ketidaksadaran kolektif, arketip, ekstrovert.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Dec 2017 10:51
Last Modified: 27 Dec 2017 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28752

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum