AL ISTIFHAM FI AL QISSAH AL QASIRAH ANA AL MAWT LI TAUFIK AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH FI AL ISTIFHAM)

USWATUN KHASANAH, NIM. 13110041 (2017) AL ISTIFHAM FI AL QISSAH AL QASIRAH ANA AL MAWT LI TAUFIK AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH FI AL ISTIFHAM). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AL ISTIFHAM FI AL QISSAH AL QASIRAH ANA AL MAWT LI TAUFIK AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH FI AL ISTIFHAM))
13110041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (AL ISTIFHAM FI AL QISSAH AL QASIRAH ANA AL MAWT LI TAUFIK AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH FI AL ISTIFHAM))
13110041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penggunaan dan makna Istifham dalam kisah “ Ana al-Mawt” karya Taufiq al-Hakim dari sudut pandang Ilmu Ma’ani, salah satu cabang pembahasan dalam Ilmu Balaghah. Penelitian ini berjudul “ al-Istifham fi al-Qishah al-Qashirah Ana al-Mawt Li Taufiq al-Hakim”. Latar belakang mengangkat tema tersebut karena peneliti melihat bahwa Taufiq al-Hakim dalam cerpen tersebut banyak menggunakan sarana-sarana Istifham sebagai strategi menyampaikan pikiran-pikiran dan gagasan-gagasannya. Dengan demikian, objek material kajian ini adalah cerpen Taufiq al- Hakim, sedangkan objek formalnya adalah penggunaan sarana-sarana Istifham dan maksud yang ingin dicapai oleh Taufiq al-Hakim. Metode yang digunakan adalah deskriftif dengan pendekatan Ilmu Balaghah. Penelitian ini menjawab dua masalah: Pertama, apa sarana-sarana Istifham yang digunakan dalam cerpen “Ana al-Mawt”. Kedua, apa makna-makna hakiki dan makna majazi dari Istifham tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, sarana-sarana Istifham yang digunakan oleh Taufiq al-Hakim adalah dengan prosentasi ada 31 macam sarana Istifham diantaranya dengan bentuk: hamzah, ma, man, kaifa, aina dan kam. Kedua, sarana-sarana Istifham tersebut digunakan sebagai strategi makna hakiki dan makna majazi. Makna hakiki memiliki prosentasi11 dalam cerpen Ana al-Mawt. Sedangkan makna majazi yang muncul taqrir(8), ingkar(4), tahkir(1), amr(2), taajub(2), nahi(2), a’daa(1), tahkim(1). Kata Kuci : Balaghah, Ilmu Ma’ani, Istifham

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: HABIB, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Balaghah, Ilmu Ma’ani, Istifham
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Dec 2017 11:01
Last Modified: 27 Dec 2017 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28754

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum