AL NAQD AL IJTIMA'IY FI AL QISSAH AL QASIRAH SURAKH AL QUBUR LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI ALAN SWINGEWOOD)

Muhammad Faruqi Abdurrasyid, NIM. 13110084 (2017) AL NAQD AL IJTIMA'IY FI AL QISSAH AL QASIRAH SURAKH AL QUBUR LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI ALAN SWINGEWOOD). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AL NAQD AL IJTIMA'IY FI AL QISSAH AL QASIRAH SURAKH AL QUBUR LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI ALAN SWINGEWOOD))
13110084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (AL NAQD AL IJTIMA'IY FI AL QISSAH AL QASIRAH SURAKH AL QUBUR LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH ADABIYYAH LI ALAN SWINGEWOOD))
13110084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian berjudul An Naqdu Al Ijtimaiyyu fi al Qissoh al Qoshiroh Shurakh al Qubur li Jibran Khalil Jibran: Dirasah Tahliliyyah Ijtima’iyyah Adabiyyah li Alan Swingewood. Tujuan dari penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui substansi dari cerpen Shurakh al Qubur. Kedua, untuk mengetahui kritik sosial yang disampaikan pengarang dalam cerpen. Ketiga, untuk mengetahui hubungan cerpen Shurakh al Qubur dengan keadaan sosial masyarakat Lebanon. Dalam rangka menganilis kritik sosial dalam cerpen tersebut, peneliti menggunakan teori sosiologi sastra Alan Swingewood. Swingewood berpendapat bahwa karya sastra adalah cerminan kondisi sosial dimana karya tersebut diciptakan. Pada prinsipnya, terdapat tiga hal yang berkaitan dengan sosiologi sastra, yaitu pertama, penelitian yang memandang karya sastra sebagai dokumen sosial yang di dalamnya merupakan refleksi situasi pada masa sastra itu diciptakan. Kedua, Penelitian yang mengungkap sastra sebagai cermin situasi sosial penulisnya. Ketiga, Penelitian yang menangkap sastra sebagai manifestasi peristiwa sejarah dan keadaan sosial budaya. Pada penelitian ini peneliti menggunakan perspketif pertama, yaitu karya sastra sebagai dokumen sosial. Penelitian ini menghasilkan pertama, substansi dari cerpen Shurakh al Qubur yang menjelaskan bahwa cerpen ini adalah kritik pengarang terhadap pemerintah yang dideskripsikan melalui kisah antara raja dan tersangka. Kedua, kritik terhadap pemimpin yang otoriter dalam berkuasa dan kritikan terhadap sistem pemerintahan otokratik. Ketiga, kritik sosial dalam cerpen yang mencerminkan kondisi kekaisaran Turki Utsmani pada masa kepemimpinan Sultan Abdul hamid II. Kritikan tersebut direpresentasikan dalam tokoh raja yang zalim dalam menghukum rakyatnya. Kata kunci : sosiologi sastra, kritik sosial, dokumen sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Jarot Wahyudi, SH., MA
Uncontrolled Keywords: sosiologi sastra, kritik sosial, dokumen sosial
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Dec 2017 11:18
Last Modified: 27 Dec 2017 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28757

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum