PERSPEKTIF ISLAM TERHADAP TANGGUNGAN GANTI RUGI RISIKO KERUSAKAN MOBIL SEWA YANG DIASURANSIKAN DI RENTAL MOBIL HR TRANSPORT

ANGGARYAN, NIM. 10380008 (2017) PERSPEKTIF ISLAM TERHADAP TANGGUNGAN GANTI RUGI RISIKO KERUSAKAN MOBIL SEWA YANG DIASURANSIKAN DI RENTAL MOBIL HR TRANSPORT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSPEKTIF ISLAM TERHADAP TANGGUNGAN GANTI RUGI RISIKO KERUSAKAN MOBIL SEWA YANG DIASURANSIKAN DI RENTAL MOBIL HR TRANSPORT)
10380008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERSPEKTIF ISLAM TERHADAP TANGGUNGAN GANTI RUGI RISIKO KERUSAKAN MOBIL SEWA YANG DIASURANSIKAN DI RENTAL MOBIL HR TRANSPORT)
10380008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kerusakan mobil sewa menjadi salah satu potensi risiko yang dihadapi dalam bidang usaha rental mobil. Berkaitan dengan risiko kerusakan tersebut pihak Rental Mobil HR Transport telah melakukan langkah preventif dengan mengasuransikan semua aset mobil rental. Meskipun semua kerusakan unit mobil sewa telah memperoleh jaminan dari pihak asuransi, tetapi pihak Rental Mobil HR Transport masih membebankan biaya kerusakan kepada pihak penyewa mobil dengan tujuan untuk menutupi potensi pendapatan yang hilang selama mobil dalam masa perbaikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sifat dari penelitian yang digunakan adalah preskriptif, yaitu suatu penelitian tentang tujuan hukum, nilai-nilai keadilan, validitas aturan hukum, konsep-konsep hukum, dan norma-norma hukum. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif dengan menngunakan norma hukum Islam untuk menganalisis pokok masalah penelitian. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh langsung dari pihak Rental Mobil HR Tansport dan data sekunder dari berbagai literatur tentang fikih, fatwa ulama, hasil penelitian, karya tulis seperti buku, makalah dan artikel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deduktif untuk mengetahui sesuai atau tidaknya tanggungan ganti rugi pihak penyewa terhadap kerusakan mobil sewa yang telah memperoleh jaminan asuransi di Rental Mobil HR Transport. Kebijakan pihak Rental Mobil HR Transport untuk menanggung kerusakan unit mobil rental akibat aib yang ada pada mobil telah sesuai dengan ketentuan dalam hukum Islam. Tanggungan ganti rugi yang dibebankan pihak Rental Mobil HR Transport kepada pihak penyewa atas kerusakan mobil sewa selama masa sewa akibat perbuatan pihak penyewa baik karena adanya unsur kesengajaan, kelalaian, kecerobohan, pelanggaran dan kesalahan dalam menggunakan dan menjaga mobil sewa telah sesuai dengan hukum Islam. Adapun tanggungan ganti rugi kerusakan unit mobil sewa selama masa sewa yang dibebankan oleh pihak Rental Mobil HR Transport kepada pihak penyewa akibat perbuatan pihak lain termasuk akibat bencana alam terdapat dua ketentuan, pertama, sesuai dengan hukum Islam jika kerusakan mobil sewa akibat pihak lain atau bencana alam ada unsur kesengajaan, kelalaian, kecerobohan, pelanggaran, dan kesalahan dari pihak penyewa dalam menggunakan dan menjaga mobil sewa; kedua, tidak sesuai dengan hukum Islam jika kerusakan mobil sewa akibat pihak lain atau bencana alam tidak ada unsur kelalaian, kecerobohan, pelanggaran, dan kesalahan dari pihak penyewa dalam menggunakan dan menjaga mobil sewa. Adapun ganti rugi kerusakan dari pihak penyewa untuk menutupi potensi pendapatan HR Transport yang hilang (potential loss) selama mobil dalam masa perbaikan, bukan untuk biaya perbaikan mobil, tidak sesuai dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Fallah, S.Ag, M.Si,
Uncontrolled Keywords: sewa-menyewa, tanggungan, ganti rugi, kerusakan, asuransi, dan hukum Islam.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Dec 2017 14:31
Last Modified: 27 Dec 2017 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28764

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum