IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTsN BANTUL KOTA YOGYAKARTA

Achmad Kosasi NIM. 04471175, (2009) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTsN BANTUL KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTsN BANTUL KOTA YOGYAKARTA)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTsN BANTUL KOTA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan MBS di MTsN Bantul Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif atau metode yang digunakan untuk menyusun data yang telah dikumpulkan, dijelaskan, kemudian dianalisa. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sumber, yaitu dengan cara membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di MTsN bantul Kota meliputi : manajemen kesiswaan, manajemen tenaga kependidikan, manajemen kurikulum, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan dan pembiayaan, manajemen hubungan masyarakat, dan manajemen layanan khusus meliputi: manajemen perpustakaan, kesehatan sekolah. Pada setiap bidang, pelaksanaan manajemen berbasis sekolah sudah dilaksanakan sesuai dengan program kerja yang direncanakan dan disusun oleh madrasah, sehingga program madrasah dapat tercapai dan berjalan dengan baik. (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan MBS di MTsN Bantul Kota antara lain : Pertama, kondisi madrasah yang jauh dari pusat keramaian (jalan raya), sehingga proses pembelajaran berjalan kondusif. Dengan keadaan yang demikian akan membawa suasana tenang, nyaman dalam belajar. Kedua, adanya kepercayaan dan animo masyarakat yang tinggi khususnya orang tua dalam menyekolahkan anak-anaknya di MTsN Bantul Kota, sehingga pencapaian target penerimaan siswa baru di MTsN Bantul Kota terpenuhi. Ketiga, adanya fasilitas sarana dan prasrana yang memadahi sehingga menjadikan proses pendidikan di MTsN Bantul Kota berjalan lancar. Keempat, tercipta hubungan yang baik antara madrasah dengan komite madrasah dalam usaha memajukan program madrasah. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan MBS di MTsN Bantul Kota antara lain : Pertama, dalam kegiatan proses belajar mengajar, peserta didik masih sulit untuk diajak aktif. Kedua, kurang maksimal dalam penggunaan fasilitas atau peralatan yang dimiliki madrasah sebagai pendukung media pembelajaran. (3) Hasil pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di MTsN Bantul Kota sudah berjalan cukup baik, walaupun dalam pelaksanaannya masih banyak kendala maupun hambatan pada masing-masing komponen bidang manajemen sekolah, namun hal itu menjadikan motivasi bagi madrasah untuk memunculkan kreatifitas madrasah dalam mengembangkan program-program yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki madrasah guna meningkatkan mutu pendidikan di madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen, Sekolah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 03 Sep 2012 18:26
Last Modified: 15 Mar 2017 02:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2877

Actions (login required)

View Item View Item