TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEWAJIBAN PENCANTUMAN LABEL HALAL DAN REGISTRASI KESEHATAN PADA MAKANAN KEMASAN

SITI FARIDA, NIM. 13380032 (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEWAJIBAN PENCANTUMAN LABEL HALAL DAN REGISTRASI KESEHATAN PADA MAKANAN KEMASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEWAJIBAN PENCANTUMAN LABEL HALAL DAN REGISTRASI KESEHATAN PADA MAKANAN KEMASAN)
13380032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEWAJIBAN PENCANTUMAN LABEL HALAL DAN REGISTRASI KESEHATAN PADA MAKANAN KEMASAN)
13380032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Bagi warga negara Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, ketentuan mengenai informasi halal tidaknya suatu produk merupakan hal yang penting karena menyangkut pelaksanaan hukum syari’at. Mengkonsumsi produk halal adalah kewajiban bagi umat muslim, apabila suatu produk tidak secara jelas mencantumkan label halal maka akan berdampak fatal pada konsumen maupun bagi perusahaan yang memproduksinya. Keharusan mencantumkan keterangan halal dalam suatu produk tertuang dalam Undang- Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal (UUJPH), namun pada praktiknya pencantuman label halal menuai pro dan kontra khususnya di Indonesia. Penyusun tertarik untuk meneliti kewajiban pencantuman label halal serta registrasi kesehatan ditinjau dari Hukum Islam dalam hal ini peneliti menggunakan teori sadd az-zari’ah. Penelitian ini merupakan library research atau penelitian kepustakaan dengan menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan sumber sekunder berupa buku, jurnal, makalah, artikel, dokumen-dokumen yang terkait dengan penelitian. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis yaitu penelitian yang bertujuan mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap suatu obyek penelitian seperti praktik pencantuman label halal dan registrasi kesehatan dari Hukum Islam. Pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan normatif yaitu berdasarkan sadd az-zari’ah. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini adalah bahwasannya berdasarkan teori sadd az-zari’ah. produsen wajib mencantumkan label halal dan registrasi kesehatan pada produknya untuk menghindari kemafsadatan bagi dirinya dan juga bagi konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Muhammad Fakhri Husein, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: label halal, sadd az-zari’ah.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:30
Last Modified: 28 Dec 2017 03:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28787

Actions (login required)

View Item View Item