IMPLEMENTASI ASPEK KEADILAN DALAM INVESTASI BERSAMA PENGELOLAAN TAMBANG MINYAK TRADISIONAL DI DESA WONOCOLO KECAMATAN KEDEWAN KABUPATEN BOJONEGORO

DAVID MAULANA, NIM. 13380046 (2017) IMPLEMENTASI ASPEK KEADILAN DALAM INVESTASI BERSAMA PENGELOLAAN TAMBANG MINYAK TRADISIONAL DI DESA WONOCOLO KECAMATAN KEDEWAN KABUPATEN BOJONEGORO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI ASPEK KEADILAN DALAM INVESTASI BERSAMA PENGELOLAAN TAMBANG MINYAK TRADISIONAL DI DESA WONOCOLO KECAMATAN KEDEWAN KABUPATEN BOJONEGORO)
13380046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI ASPEK KEADILAN DALAM INVESTASI BERSAMA PENGELOLAAN TAMBANG MINYAK TRADISIONAL DI DESA WONOCOLO KECAMATAN KEDEWAN KABUPATEN BOJONEGORO)
13380046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Pengelolaan minyak secara tradisional yang ada di desa Wonocolo kecamatan Kedewan kabupaten Bojonegoro melibatkan banyak pihak, diantaranya investor, pengelola, para pekerja, Koperasi unit desa (KUD), Petamina, dan Pemerintah. Sejak tahun 1940-an, masyarakat setempat sudah melakukan penambangan secara tradisional dengan keahlian yang diwariskan oleh belanda. Namun pasca tahun 2006 banyak pihak investor dari luar daerah Wonocolo yang ikut “bermain” dalam penambangan emas hitam ini. Hal itu kemudian menimbulkan berbagai masalah yang dirasakan oleh masyarakat Wonocolo, diantaranya adalah kian massifnya pihak dari luar daerah yang mengakibatkan kesenjangan pendapatan (bagi hasil), sehingga banyak pihak menilai bahwa ada ketidakadilan dalam pelaksanaan investasi bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hukum akad dalam Islam, dan implementasi aspek keadilan Islam dalam akad investasi bersama penambangan minyak tradisional di desa Wonocolo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian yaitu di desa Wonocolo, kecamatan Kedewan, kabupaten Bojonegoro untuk mendapatkan data yang diperlukan. Dengan demikian sumber penelitian ini terutama adalah data yang berupa dokumentasi dan wawancara. Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analitik yaitu penelitian yang tidak hanya sekedar menggambarkan, menguraikan, dan menganalisis data secara jelas saja tetapi untuk menilai karakter manusia kemudian dianalisis terutama mengenai implemntasi aspek keadilan dalam akad investasi bersama yang dilakukan oleh beberapa pihak yang terkait dalam pelaksanaan penambangan minyak tradisional. Dari hasil penelitian, akad yang ada di sumur minyak D.32 dilakukan oleh pihak investor, kelompok pengelola, dan para pekerja secara umum telah sesuai dengan ketentuan akad dalam Islam. Dalam pelaksanaanya terdapat tiga akad yang terjadi, yaitu Syirkah Mudharabah, ijarah, dan Syrikah Abdan. Pelaksanaan akad ditemukan beberapa masalah teknis, yaitu di akad mudharabah (spekulatif) dan Ijarah (teknis). Implentasi aspek keadilan dalam penerapan investasi bersama pengelolaan tambang minyak tradisional Wonocolo menuai masalah, yaitu terdapat pelanggaran terhadap asas kejujuran atau amanah dalam hukum Islam. Ditemukan adanya manipulasi hasil yang pada akhirnya merugikan para pihak. Terdapat faktor yang mempengaruhi pelanggaran tersebut, yaitu adanya ketimpangan sosial (prosentase bagi hasil).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ratnasari Fajariya Abidin, S.H, M.H.
Uncontrolled Keywords: Tambang minyak tradisional Wonocolo, Investasi bersama, keadilan Islam.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:48
Last Modified: 28 Dec 2017 03:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28788

Actions (login required)

View Item View Item