PENERAPAN SISTEM GARANSI DALAM JUAL BELI FURNITURE SECARA ONLINE DI INDO FURNITURE JEPARA (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM)

ITA BURHANA, NIM. 13380066 (2017) PENERAPAN SISTEM GARANSI DALAM JUAL BELI FURNITURE SECARA ONLINE DI INDO FURNITURE JEPARA (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN SISTEM GARANSI DALAM JUAL BELI FURNITURE SECARA ONLINE DI INDO FURNITURE JEPARA (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM))
13380066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN SISTEM GARANSI DALAM JUAL BELI FURNITURE SECARA ONLINE DI INDO FURNITURE JEPARA (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM))
13380066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Indo Furniture Jepara merupakan salah satu perusahaan furniture yang ada di Jeapara. Dalam hal jual beli online, tentunya ada garansi sebagai bentuk pertanggungjawaban penjual terhadap pembeli. Sistem penerapan garansi yang diberikan di Indo Furniture bersifat Flexibel, yakni dengan adanya perihal opsi penawaran garansi yang diberikan yaitu perbaikan barang dan pengembalian uang yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Hal ini tentu berbeda dengan perusahaan-perusahaan furniture lainnya dalam hal penerapan garansi yang biasanya berbentuk tertulis atau bersifat baku dalam perjanjiannya. Melihat permasalahan yang muncul dalam sistem penerapan garansi tersebut, maka yang menjadi pokok masalah yaitu: Bagaimana penerapan sistem garansi dalam jual beli furniture secara online di Indo Furniture Jepara? Apakah faktor-faktor penerapan sistem garansi pada Indo Furniture Jepara sudah sesuai dengan hukum Islam? Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik. Dalam mengumpulkan data, yang digunakan adalah teknik wawancara dan observasi. Adapun pendekatan yang digunakan untuk menganalisis permasalahan adalah Sosiologi hukum yang kemudian dikaitkan dengan hukum Islam. Penelitian ini menggunakan analisa data kualitatif, dan dengan teknik analisis berfikir deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan, sistem penerapan garansi secara lisan yang diberikan oleh Indo Furniture Jepara, dalam penerapan dan pelaksanaan ketentuan operasional telah sesuai dengan prinsip muamalah. Namun dari segi pertanggungjawaban resiko/ garansi, meskipun penjual telah melakukan kewajiban dengan memberikan hak berupa pengembalian uang dan perbaikan barang berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak, diharapkan penjual membuat ketentuan dan syarat garansi secara tertulis. Sebab jika terjadi sengketa antara kedua belah pihak dapat dijadikan sebagai bukti yang kuat. Serta dalam garansi tersebut terdapat adanya tindakan sosial maupun keagamaan penjual yaitu berupa prinsip tanggungjawab, amanah, serta kerelaan yang nantinya diharapkan dapat menambah ketertarikan konsumen serta menambah rasa percaya terhadap Indo Furniture Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Abdul Mughits, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Garansi, Jual Beli Furniture Online, Tinjauan Sosiologi Hukum Islam.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:56
Last Modified: 28 Dec 2017 03:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28789

Actions (login required)

View Item View Item