ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARI’AH MELALUI JALUR MEDIASI DI PENGADILAN AGAMA (STUDI: PENGADILAN AGAMA WONOSARI)

EVA KHOERUNNISA FAUZI LESTARI, NIM. 13380075 (2017) ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARI’AH MELALUI JALUR MEDIASI DI PENGADILAN AGAMA (STUDI: PENGADILAN AGAMA WONOSARI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARI’AH MELALUI JALUR MEDIASI DI PENGADILAN AGAMA (STUDI: PENGADILAN AGAMA WONOSARI))
13380075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARI’AH MELALUI JALUR MEDIASI DI PENGADILAN AGAMA (STUDI: PENGADILAN AGAMA WONOSARI))
13380075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Sudah menjadi asas dalam hukum acara perdata bahwa pengadilan wajib mendamaikan pihak yang berperkara, dalam PERMA Nomor 1 Tahun 2016 tentang Mediasi di Pengadilan yang pada intinya mengisyaratkan upaya perdamaian dengan menerapkan mediasi sebagai alternatif penyelesaian sengketa di Pengadilan. Pengadilan Agama Wonosari merupakan pengadilan tingkat pertama di Yogyakarta yang tertinggi dalam menerima sengketa ekonomi syariah yaitu pada tahun 2015-2016 sebanyak 38 (tiga puluh delapan) perkara yang masuk, Pengadilan Agama Wonosari telah menerapkan mediasi dalam penyelesaian sengketa perdata khususnya sengketa ekonomi syariah, mediasi sengketa ekonomi syariah di Pengadilan Agama Wonosari bisa dikatakan berjalan efektif, yaitu pada tahun 2015-2016 perkara ekonomi syariah yang berhasil dimediasi sebanyak 26 (dua puluh enam) perkara dari 38 (tiga puluh delapan) perkara yang masuk. Oleh karena itu, penelitian ini lebih mengkaji pada faktor-faktor yang melatar belakangi keberhasilan mediasi di Pengadilan Agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field risearch) dengan terjun ke Pengadilan Agama Wonosari sebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada 3 (tiga) orang Mediator Hakim yang telah ditunjuk pihak Pengadilan, Penyusun juga mempelajari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan tema yang diangkat dan menganalisisnya dengan pendekatan yuridis empiris, yaitu pendekatan yang menekankan pada fakta-fakta yang terjadi di lapangan yang kemudian dihubungkan dengan teori dan atau peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan mediasi di pengadilan. Adanya mediasi di Pengadilan Agama Wonosari mempunyai peran yang signifikan terbukti di Pengadilan Agama Wonosari dari beberapa perkara ekonomi syariah yang masuk selesai dengan jalur mediasi dan tidak perlu litigasi. keberhasilan mediasi di Pengadilan Agama Wonosari disebabkan beberapa faktor yang melatar belakangi yaitu faktor sosial budaya masyarakat Wonosari yang memiliki sifat gotong royong saling membantu sehingga membantu dalam proses mediasi, jenis sengketa ekonomi syariah yang mudah untuk dimediasikan juga ditunjang dengan pengetahuan mediator hakim yang berkualifikasi di bidang ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Abdul Mujib, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sengketa, mediasi, ekonomi syari’ah.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Dec 2017 07:49
Last Modified: 28 Dec 2017 07:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28793

Actions (login required)

View Item View Item