TINJAUAN NORMATIF, YURIDIS, DAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRAKTEK JUAL BELI PERTALITE ECERAN DI JALAN RAYA JANTI YOGYAKARTA

IRMA BUDI PRIHANTINI, NIM. 13380093 (2017) TINJAUAN NORMATIF, YURIDIS, DAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRAKTEK JUAL BELI PERTALITE ECERAN DI JALAN RAYA JANTI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN NORMATIF, YURIDIS, DAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRAKTEK JUAL BELI PERTALITE ECERAN DI JALAN RAYA JANTI YOGYAKARTA)
13380093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN NORMATIF, YURIDIS, DAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRAKTEK JUAL BELI PERTALITE ECERAN DI JALAN RAYA JANTI YOGYAKARTA)
13380093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Jual beli merupakan salah satu kegiatan tolong menolong. Prinsip perdagangan dan niaga telah ditetapkan dalam Al-Qur’an dan sunnah, seperti melakukan sumpah palsu, memberikan takaran yang tidak benar, dan menciptakan i’tikad baik dalam transaksi jual beli. Dari hasil pengamatan disepanjang Jalan Raya Janti Yogyakarta banyak pedagang yang melakukan jual beli pertalite eceran. Untuk mendapatkan keuntungan dan memenuhi kebutuhan hidup, banyak pedagang melakukan hal yang tidak dibenarkan, pertalite yang kurang dari satu liter mereka jual sama dengan harga pertalite eceran satu liter. Penyusun menemukan masalah dalam praktek jual beli pertalite eceran, yaitu adanya unsur kecurangan atau penipuan dalam hal takaran pertalite eceran yang dijual. Terdapat beberapa pedagang yang melakukan jual beli pertalite eceran yang mengurangi takarannya, yang mana takaran pada bensin eceran yang satu dengan yang lain berbeda-beda, ada yang diisi penuh ada yang di bawahnya sedikit bahkan ada pula yang kurangnya kelihatan banyak. Dari permasalahan tersebut di atas, penyusun ingin mengetahui bagaimana praktek, serta perlindungan hukum dan alasan-alasan para penjual dan pembeli melakukan praktik jual beli pertalite eceran di Jalan Raya Janti Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran praktik jual beli pertalite yang tidak memenuhi takaran dan menjelaskan faktor-faktor yang menjadi penyebab penjual dan pembeli melakukan praktek jual beli tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian langsung yang penyusun lakukan di Jalan Raya Janti Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis yaitu berusaha menggambarkan dan menjelaskan kondisi pelaksanaan jual beli pertalite eceran di Jalan Raya Janti Yogyakarta, kemudian dianalisis dari perspektif hukum Islam, hukum positif dan sosiologi hukum. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kepustakaan. Analisis data menggunakan metode analisis yang bersifat kaulitatif. Dari penelitian menunjukkan bahwa praktik jual beli pertalite eceran di Jalan Raya Janti Yogyakarta tidak dibenarkan oleh hukum Islam maupun hukum positif, dan faktor utama yang melatarbelakangi terjadinya pelanggaran dalam hal takaran adalah faktor ekonomi (untuk mencukupi kehidupan sehari-hari dan mencari keuntungan sebesar-besarnya). Kesadaran hukum pelaku usaha di Jalan Raya Janti Yogyakarta masih sangat rendah baik itu tentang anjuran hukum Islam dalam menyempurnakan takaran maupun Undang-Undang Perlindungan Konsumen yang melarang mengurangi takaran dari hitungan ukuran sebelumnya dan memberikan informasi yang jelas kepada konsumen. Hal itu dikarenakan kurang kesadaran hukum dari masyarakat dan tidak adanya sosialisasi dari pemerintah setempat. Perbaikan pola perilaku yang dilakukan dengan cara pembinaan atau penyuluhan hukum, penyadaran hukum, serta peningkatan moral dan agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Saifuddin, S.H.I., M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Normatif, Yuridis, Sosiologi Hukum, Perlindungan Konsumen, Jual Beli Pertalite Eceran
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jan 2018 03:33
Last Modified: 02 Jan 2018 03:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28803

Actions (login required)

View Item View Item