PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AKHLAK ANAK USIA DINI DI TKIT SALSABILA AL MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

TRI BUDI UTAMI, NIM. 13430018 (2017) PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AKHLAK ANAK USIA DINI DI TKIT SALSABILA AL MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AKHLAK ANAK USIA DINI DI TKIT SALSABILA AL MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
13430018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AKHLAK ANAK USIA DINI DI TKIT SALSABILA AL MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
13430018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana penerapan metode bercerita untuk mengembangkan akhlak anak usia dini di PG-TKIT Salsabila Al Muthi’in, 2) Hasil dari penerapan metode bercerita dalam mengembangkan nilai-nilai akhlak pada anak usia dini di PG-TKIT Salsabila Al Muthi’in, 3) Faktor penghambat dan pendukung penerapan metode bercerita untuk mengembangkan akhlak anak usia dini di PG-TKIT Salsabila Al-Muthi’in. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di PG-TKIT Salsabila Al Muthi’in yang beralamat di Maguwo Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada 8 Maret 2017 sampai 19 April 2017. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah penerapan metode bercerita. Dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Guru Kelas dan Siswa kelas A2. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah redusi data, penyajian data dan verification/ conclusion drawing. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan metode bercerita di PG-TKIT Salsabila Al Muthi’in berlangsung pada dua waktu yaitu pada awal pengenalan tema, guru bercerita sesuai dengan tema pada hari itu. Guru bercerita dengan menggunakan alat peraga berupa gambar atau miniatur-miniatur. Selain itu, metode bercerita juga diterapkan guru menjelang anak-anak tidur siang dengan menggunakan alat peraga berupa buku cerita. Materi akhlak yang diajarkan pada anak adalah pembiasaan mengucap dan membalas salam, praktik wudhu dan sholat, perilaku sopan dan tidak sopan, menghormati orangtua, bersikap jujur dan penolong, menjaga kebersihan serta berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu. Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode bercerita adalah faktor keluarga, faktor minat dan faktor situasi dan kondisi lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Metode, Bercerita, Mengembangkan, Nilai-nilai, Akhlak.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jan 2018 14:34
Last Modified: 03 Jan 2018 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28815

Actions (login required)

View Item View Item