IMPLEMENTASI OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS ANAK USIA DINI DI TK IT NURUL ISLAM

ANANDA PRAMANAWATI, NIM. 13430022 (2017) IMPLEMENTASI OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS ANAK USIA DINI DI TK IT NURUL ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS ANAK USIA DINI DI TK IT NURUL ISLAM)
13430022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS ANAK USIA DINI DI TK IT NURUL ISLAM)
13430022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah anak dengan religiusitas yang rendah dikarenakan kurangnya pendidikan disekolah yang mengajarkan tentang religiusitas anak sejak dini dengan menggunakan metode yang mudah diterima anak. Dengan demikian, TK IT Nurul Islam Menerapkan metode Outdoor Learning untuk meningkatkan religiusitas guna membantu anak dalam peningkatan religiusitas dengan metode yang menyenangkan dan mudah diterima oleh anak usia dini. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan mengambil latar TK IT Nurul Islam Gamping Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, teknik yang digunakan yaitu dengan model Miles dan Huberman. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data dianalisis secara deskriptif sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kondisi Religiusitas anak usia dini sangat beragam, mereka dapat mengenal siapa Tuhan mereka, mengenal ciptaanNya, dan mampu menjalankan ibadah dengan baik, mampu membaca surat-surat pendek maupun hadist, memulai dan mengakhiri sesuatu dengan berdoa, memiliki akhlak dan perilaku yang baik. 2) Faktor penghambat dalam implementasi Outdoor Learning meliputi: kesibukan orang tua, cuaca, anak yang terlambat. Sedangkan faktor-faktor pendukungnya meliputi: Dorongan visi misi, sarana dan prasarana, guru/ustadzah yang semangat memberikan bimbingan,perhatian dan motivasi, serta adanya partisipasi dari semua pihak sekolah maupun wali murid dan adanya kemauan siswa untuk berkembang ke arah positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohinah, S.Pd.I, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Outdoor Learning, Religiusitas, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jan 2018 15:46
Last Modified: 03 Jan 2018 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28820

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum