UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK AUTIS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA GEDONGKUNING YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017

LUSIANA DWI RATNASARI, NIM. 13430037 (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK AUTIS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA GEDONGKUNING YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK AUTIS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA GEDONGKUNING YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017)
13430037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK AUTIS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA GEDONGKUNING YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017)
13430037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Autis merupakan gangguan keterlambatan perkembangan pada kemampuan interaksi sosialnya yang ditandai ketika anak autis diajak berbicara tidak pernah menatap muka orang yang mengajak bicara. Oleh karena itu anak autis juga mengalami keterlambatan perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa sangat berpengaruh pada tingkat pemahaman anak. Pemahaman anak dapat tergolongkan dalam perkembangan kognitif anak.Kesulitan dalam memahami informasi yang dihadapi individu dengan gangguan autisme tidak menutup kemungkinan anak autis mendapatkan pembelajaran yang baik. Pembelajaran musik dapat diterapkan pada anak autis dengan cara langsung mengajak anak praktek karena anak autis lebih dapat memahami hal konkret daripada hal yang abstrak. Dalam penyampaian kegiatan pembelajaran di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta masih kurang optimal. Penyampaian guru dalam kegiatan pembelajaran belum sepenuhnya menggunakan media yang variatif. Misalnya menggunakan musik, yaitu lagu hanya diajarkan ketika kegiatan ekstra berlangsung dan anak diminta untuk mengikuti arahan guru. Maka dari itu, perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya dalam pemanfaatan musik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran musik menggunakan video dan lagu anak dengan strategi Mudah dan mantap; Unjuk Gigi dan Ulagi lagi; Sederhana, Santai dan Senang; Indah Makna dan Indah Gaya; Ketauladan Seni dan Kantong Ilmu (MUSIK) untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini mengambil latar di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta pada Jenjang TK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan wawancara. Adapun urutan pelaksanaan penelitian ini mencakup : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan kognitif anak autis diperoleh data kategori rendah dengan nilai 60 dan 56. (2) Penerapan strategi pembelajaran MUSIK menggunakan video dan lagu anak terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak autis di kelas strawberry dengan subyek 2 anak autis Sekolah Khusus Bina Anggita Yogyakarta. Pelaksanaan penerapan pembelajaran strategi MUSIK berhasil meningkat dari kategori rendah pada sebelum penerapan menjadi kategori tinggi pada siklus I dan berhasil meningkat pula dari kategori tinggi pada siklus I menjadi kategori sangat tinggi pada siklus II. (3) Setelah Penerapan strategi pembelajaran MUSIK menggunakan video dan lagu anak, terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak autis dengan kategori tinggi pada siklus I dengan nilai kriteria sebesar 77 dan 74 (kategori tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 95 dan 86 (kategori sangat tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif anak autis, strategi Pembelajaran MUSIK
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:50
Last Modified: 03 Jan 2018 02:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28821

Actions (login required)

View Item View Item