ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA PENGRAJIN BATIK DI DESA SIMBANG KULON KECAMATAN BUARAN KABUPATEN PEKALONGAN

DINA AULIA, NIM: 13810031 (2017) ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA PENGRAJIN BATIK DI DESA SIMBANG KULON KECAMATAN BUARAN KABUPATEN PEKALONGAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA PENGRAJIN BATIK DI DESA SIMBANG KULON KECAMATAN BUARAN KABUPATEN PEKALONGAN)
13810031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA PENGRAJIN BATIK DI DESA SIMBANG KULON KECAMATAN BUARAN KABUPATEN PEKALONGAN)
13810031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Batik merupakan budaya khas Indonesia ketika UNESCO secara resmi menobatkan batik indonesis sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia pada tahun 2009. Kota pekalongan khususnya Kecamatan Buaran Desa Simbang Kulon batik tidak hanya sebagai sebuah kerya seni, akan tetapi sudah menjadi sebuah mata pencaharian yang bisa memenuhi kehidupan sehari-hai yaitu sebagai pengrajin batik. Pengrajin batik menimbulkan permasalahan-permasalahan tersendiri dalam mengembangkan batik, yaitu dalam hal penghasilan dan untuk memenuhi kebutuhan hidup.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesejahteraan rumah tangga pengrajin batik di Desa Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan dengan menggunakan variabel Pendapatan, Pendidikan dan Konsumsi. Sumber data yang di gunakan adalah data primer yang di ambil langsung dari observasi yang merupakan hasil penelitian di lapangan. Metode analisis yang digunakan penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda yaitu metode analisis yang digunakan untuk mencari pengaruh sekumpulan variabel independen terhadap suatu dependen. Hasil penelitian menunjukan pengrauh tingkat kesejahteraan rumah tangga pengrajin batik yaitu Pendapatan, Pendidikan, dan Konsumsi berpengaruh positif terahadap tingkat kesejahteraan rumah tangga pengrajin batik di Desa Simbang Kulon. Kata Kunci: Tingkat Kesejahteraan, pengrajin batik, Pendapatan, Pendidikan, Konsumsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. SLAMET KHILMI, M.Si
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kesejahteraan, pengrajin batik, Pendapatan, Pendidikan, Konsumsi.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Feb 2018 11:01
Last Modified: 06 Feb 2018 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28827

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum