RESILIENSI PEREMPUAN SINGLE PARENT SEBAGAI KEPALA KELUARGA (STUDI DI DUKUH BONYOKAN, BONYOKAN, JATINOM, KLATEN)

ANDRE DEO PRATAMA, NIM. 13250007 (2017) RESILIENSI PEREMPUAN SINGLE PARENT SEBAGAI KEPALA KELUARGA (STUDI DI DUKUH BONYOKAN, BONYOKAN, JATINOM, KLATEN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (RESILIENSI PEREMPUAN SINGLE PARENT SEBAGAI KEPALA KELUARGA (STUDI DI DUKUH BONYOKAN, BONYOKAN, JATINOM, KLATEN))
13250007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (RESILIENSI PEREMPUAN SINGLE PARENT SEBAGAI KEPALA KELUARGA (STUDI DI DUKUH BONYOKAN, BONYOKAN, JATINOM, KLATEN))
13250007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2017. Dalam keluarga idealnya peran sebagai kepala keluarga lazimnya adalah seorang laki-laki atau ayah, akan tetapi berbeda dengan perempuan single parent yang mana harus menjalankan dua peran sebagai seorang ibu rumah tangga dan kepala keluarga. Menjadi single parent sudah pasti memiliki resiko dan beban yang berat jika dibandingkan dengan orang tua yang lengkap. Fokus penelitian ini adalah resiliensi perempuan single parent dalam melakukan perannya sebagai kepala keluarga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Resiliensi. Subyek penelitian ini adalah 6 (enam) perempuan single parent di Dukuh Bonyokan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi serta analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana resiliensi atau ketahanan hidup perempuan single parent sebagai kepala keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Secara umum pembentuk resiliensi tang dimiliki subjek berasal dari sumber I have, I am dan I can. Sumber tersebut berkaitan dengan adanya faktor dalam kemampuan resiliensi dari segi spiritual yaitu sabar, ridha, qana’ah, tawakkal dan syukur. 2. Keenam subyek perempuan single parent di Dukuh Bonyokan rata-rata telah menunjukkan adanya kemampuan beresiliensi sebagai kepala keluarga dengan cukup baik serta telah menjalankan perannya sebagai kepala keluarga yang mencakup sebagai pencari nafkah, pengatur rumah tangga, pendidik anak dan pengambil keputusan. 3. Pembentukan resiliensi yang dimiliki keenam subyek berasal dari tujuh aspek yaitu memiliki kemampuan regulasi emosi, impulse control, optimisme, causal analysis, empati, self efficacy dan reaching out. Dan ada tujuh karakteristik yang digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan perempuan single parent dalam beresilien yaitu : insight, independence, relationships, initiative, creativity, humor, dan morality.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Noorkamilah,S.Ag.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Single Parent dan Kepala Keluarga, di Dukuh Bonyokan, Bonyokan, Jatinom, Klaten
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2018 07:12
Last Modified: 03 Jan 2018 07:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28839

Actions (login required)

View Item View Item