OMONG-OMONG, IMING-IMING, AMENG-AMENG DALAM PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) (STUDI KASUS TAHAPAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DUSUN SERUT PALBAPANG BANTUL YOGYAKARTA)

HARDIKA NUR SATRIYA, NIM. 13250010 (2017) OMONG-OMONG, IMING-IMING, AMENG-AMENG DALAM PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) (STUDI KASUS TAHAPAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DUSUN SERUT PALBAPANG BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (OMONG-OMONG, IMING-IMING, AMENG-AMENG DALAM PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) (STUDI KASUS TAHAPAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DUSUN SERUT PALBAPANG BANTUL YOGYAKARTA))
13250010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (16MB)
[img]
Preview
Text (OMONG-OMONG, IMING-IMING, AMENG-AMENG DALAM PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) (STUDI KASUS TAHAPAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DUSUN SERUT PALBAPANG BANTUL YOGYAKARTA))
13250010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perempuan sering diasumsikan peran atau sumbangannya untuk Indonesia dalam pembangunan masih belum memadai. Peran perempuan dalam pembangunan dan membantu perekonomian keluarga masih sering dianggap remeh. Seringkali penilaian tersebut dijadikan alasan bahwa perempuan lebih baik hanya mengurus wilayah domestik (rumah tangga dan dapur). Anggapan seperti ini masih sering diterapkan bahkan tertanam pada masyarakat di Dusun-dusun. Begitu juga di Dusun Serut Palbapang Bantul, dimana mayoritas perempuan hanya sebagai ibu rumah tangga. Maka dari itu diciptakan wadah untuk perempuan Indonesia agar dapat turut serta dalam pembangunan Indonesia. Wadah tersebut adalah PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga). Organisasi PKK tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan salah satunya di Dusun Serut. Dengan adanya PKK di Dusun Serut para perempuan di Dusun Serut memiliki akses untuk berkegiatan dan produktif dalam mengisi waktu luangnya. Dengan begitu perempuan yang statusnya ibu rumah tangga dapat turut membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga. Berangkat dari permasalahan tersebut maka timbul pertanyaan terkait dengan bagaimana tahapan dan hasil pemberdayaan perempuan oleh PKK Dusun Serut Palbapang Bantul Yogyakarta. Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitaif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yag terjadi di lapangan. Pada pencarian informasi peneliti menggunakan tekhnik snow ball sampling, dan untuk informan awal ditentukan secara purposive. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tahapn pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh PKK Dusun Serut yang pertama adalah enabling yang terbagi manjadi dua proses yaitu sosialisasi (omong-omong) dan perencanaan (iming-iming). Kedua adalah empowering yang terbagi menjadi dua proses yaitu fasilitasi (ameng-ameng) dan pelaksanaan. Ketiga yaitu protecting. Kemudian hasil dari pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh PKK Dusun Serut menunjukan bahwa dengan adanya pemberdayaan, perempuan mampu meningkatkan pemenuhan kebutuhan pokok, meningkatkan jangkauan sumber produktif, dan turut berpartisipasi dalam pembangunan yang dimulai dari meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tahapan Pemberdayaan Perempuan, PKK
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2018 07:29
Last Modified: 03 Jan 2018 07:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28842

Actions (login required)

View Item View Item