GERAKAN ALIANSI BURUH YOGYAKARTA: STUDI KASUS PERLAWANAN TERHADAP PERATURAN PEMERINTAH NO 78 TAHUN 2015 TENTANG PENGUPAHAN

ATIKUR ROHMAN, NIM. 13250024 (2017) GERAKAN ALIANSI BURUH YOGYAKARTA: STUDI KASUS PERLAWANAN TERHADAP PERATURAN PEMERINTAH NO 78 TAHUN 2015 TENTANG PENGUPAHAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GERAKAN ALIANSI BURUH YOGYAKARTA: STUDI KASUS PERLAWANAN TERHADAP PERATURAN PEMERINTAH NO 78 TAHUN 2015 TENTANG PENGUPAHAN)
13250024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (GERAKAN ALIANSI BURUH YOGYAKARTA: STUDI KASUS PERLAWANAN TERHADAP PERATURAN PEMERINTAH NO 78 TAHUN 2015 TENTANG PENGUPAHAN)
13250024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Gerakan Aliansi Buruh Yogyakarta: Studi Kasus Perlawanan Terhadap Peraturan Pemerintah No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Judul ini berangkat dari argumentasi bahwa saat ini posisi buruh hanya menjadi obyek pembangunan ekonomi yang rentan timbulnya suatu penindasan. Ditambah dengan tidak berpihaknya pemerintah kepada buruh, mengharuskan serikat atau organisasi buruh melakukan berbagai gerakan perlawanan untuk mengatasi ketertindasan yang menimpanya. Sebagai salah satu bentuk upaya pembelaan diri ataupun menyatakan aspirasi kepentingannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Teori Tinjauan Gerakan Buruh dan Tinjauan Pengupahan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik validasi untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan wawancara dan meninjau hasil wawancara dengan dokumen terkait. Hasil penelitian ini menujukan bahwa gerakan perlawanan Aliansi Buruh Yogyakarta sangat solid dan massif. Berbagai cara dan strategi gerakan pernah dilakukan mulai dari gerakan litigasi mapun nonlitigasi untuk meningkatkan kondisi kesejahteraan buruh dan keluarganya. Meskipun gerakan perlawanan tersebut tidak menghasilkan perubahan yang signifikan dalam mendorog kesejahteraan buruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muhammad Izzul Haq, S.Sos., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Gerakan perlawanan, Aliansi Buruh Yogyakarta, kesejahteraan buruh
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2018 08:38
Last Modified: 03 Jan 2018 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28847

Actions (login required)

View Item View Item