PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS NEGERI WONOKROMO TAHUN AJARAN 2016/2017

ARIN BAHARSATI, NIM. 10420043 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS NEGERI WONOKROMO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS NEGERI WONOKROMO TAHUN AJARAN 2016/2017)
10420043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS NEGERI WONOKROMO TAHUN AJARAN 2016/2017)
10420043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang berdampak besar pada bidang pendidikan. MTs Negeri Wonokromo sebagai lembaga pendidikan membutuhkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk menciptakan pembelajaran yang mengikuti pemkembangan teknologi dan sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah : 1) mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 untuk siswa kelas VII Mts, 2) mengetahui kualitas media pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia interaktif, 3) mengetahui respon siswa terhadap media pembebelajaran bahasa Arab berbasis multimedia interaktif, 4) meningkatkan minat belajar siswa terhadap bahasa Arab dengan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Metode penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah, yaitu: Analisis Potensi dan Masalah,Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Produk, Revisi Desain, Ujicoba pemakaian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, angket ahli materi, angket ahli media, angket respon siswa dan angket minat belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia interaktif dinyatakan sangat baik, dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal tersebut berdasarkan : (1) Penilaian oleh ahli materi dengan persentase 88% dengan kriteria Sangat Baik. Sedangkan penilaian ahli media dengan persentase 86% dengan kriteria Sangat Baik. (2) Penilaian siswa melaui angket respon, diperoleh skor rata-rata 47,09 sehingga tergolong dalam kriteria “Positif”. (3) Angket minat belajar, diperoleh persentase sebelum ujicoba sebesar 68% dengan kategori Sedang dan sesudah ujicoba 78% dengan kategori Tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Jafar Shodiq, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Multimedia Interaktif, Adobe Flash, Minat Belajar.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Jan 2018 09:00
Last Modified: 04 Jan 2018 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28851

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum