ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN KEUNTUNGAN USAHA TOKO KELONTONG AKIBAT MUNCULNYA MINIMARKET MODERN (Studi Kasus di Kecamatan Pati Kabupaten Pati)

IRFAN NURHUDA, NIM: 13810151 (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN KEUNTUNGAN USAHA TOKO KELONTONG AKIBAT MUNCULNYA MINIMARKET MODERN (Studi Kasus di Kecamatan Pati Kabupaten Pati). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN KEUNTUNGAN USAHA TOKO KELONTONG AKIBAT MUNCULNYA MINIMARKET MODERN (Studi Kasus di Kecamatan Pati Kabupaten Pati))
13810151_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN KEUNTUNGAN USAHA TOKO KELONTONG AKIBAT MUNCULNYA MINIMARKET MODERN (Studi Kasus di Kecamatan Pati Kabupaten Pati))
13810151_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Nowdays, modern market that has grown quite rapidly in Indonesia is a minimarket with a franchise concept. Development of minimarket has potency to abuse dominant position. The deployment of minimarket also has entered the residential areas. The rapidly developing minimarket located closely in residential areas has a bad impact for the traditional stores. Omzet of sales and business profit are getting down. Based on the reasons, this study aims to analyze the existence of modern minimarket with the continuity of traditional stores (case study in Pati district of Pati City). This study uses primary data collected through the interviw. There are 36 respondents in Pati district, that became the object of research. For the purpose, this study uses multiple regression analysis with Ordinary Least Squared (OLS) approach. The result of Ordinary Least Square analysis is to explain the influence change in business profit of the traditional stores with the existence of minimarket in Pati district of Pati City. This analysis uses independent variables namely change in omzet of sales (X1), distance (X2), product diversification (X3), and open the business per day (X4) that influence change in business profit (Y) from a traditional stores. The result of analysis shows that change in omzet of sales (0.0378) and distance (0.0000) significantly influence change in business profit. Whereas, product diversification (0.6787) and open the business per day (0.7482) has no significant effect on changes in business profit of the traditional stores. Keywords : Minimarket, Business Profit, Omzet of Sales, Distance, Product Diversification, Open the Business per Day. [INDONESIA] Pasar modern yang mengalami pertumbuhan cukup pesat di Indonesia saat ini adalah minimarket dengan konsep waralaba. Perkembangan minimarket berpotensi menimbulkan penyalahgunaan posisi dominan. Penyebarannya pun telah memasuki wilayah-wilayah pemukiman. Tumbuh pesatnya minimarket di wilayah pemukiman dengan jarak yang saling berdekatan berdampak buruk bagi toko kelontong. Omset penjualan dan keuntungan usaha mengalami perubahan yang semakin menurun. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh minimarket modern terhadap kelangsungan usaha toko kelontong (studi kasus di Kecamatan Pati Kabupaten Pati). Penelitian ini menggunakan data primer melalui wawancara. Ada 36 responden toko kelontong di Kecamatan Pati yang menjadi objek penelitian. Untuk mencapai tujuan, dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan pendekatan Ordinary Least Square (OLS). Hasil analisis Ordinary Least Square menjelaskan pengaruh perubahan keuntungan usaha warung tradisional dengan munculnya minimarket di Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu perubahan omset penjualan (X1), jarak (X2), diversifikasi produk (X3), dan jumlah jam kerja (X4) yang mempengaruhi perubahan keuntungan usaha (Y) dari toko kelontong. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa perubahan omset penjualan (0.0378) dan jarak (0.0000) berpengaruh signifikan terhadap perubahan keuntungaan usaha. Sedangkan diversifikasi produk (0.6787) dan jumlah jam kerja (0.7482) tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan keuntungan usaha toko kelontong. Kata Kunci : Minimarket, Keuntungan Usaha, Omset Penjualan, Jarak, Diversifikasi Produk, Jumlah Jam Kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. SLAMET KHILMI, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Minimarket, Keuntungan Usaha, Omset Penjualan, Jarak, Diversifikasi Produk, Jumlah Jam Kerja., Minimarket, Business Profit, Omzet of Sales, Distance, Product Diversification, Open the Business per Day.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Feb 2018 16:21
Last Modified: 02 Feb 2018 16:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28859

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum