DAMPAK SERTIFIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU PAI DI MA DAN MTS ALI MAKSUM

CAHYO GUTOMO NIM. 05410039, (2009) DAMPAK SERTIFIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU PAI DI MA DAN MTS ALI MAKSUM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa sertifikasi guru merupakan salah satu upaya guna meningkatkan profesionalitas guru. Namun dalam kenyataannya apakah sertifikasi guru tersebut mampu meningkatkan profesionalitas guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak sertifikasi guru terhadap profesionalitas guru PAI. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan informasi mengenai profesionalitas guru PAI yang ada di MA dan MTS Ali Maksum dan juga dampak sertifikasi guru terhadap profesionalitas guru PAI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) tentang dampak sertifikasi guru terhadap profesionalitas guru PAI yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah dengan analisis induktif yang dilakukan dengan menganalisis data spesifik dari lapangan menjadi unit-unit dan dilanjutkan dengan kategorisasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan mengunakan sumber ganda dan metode ganda. Dalam hal ini data-data hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan seluruh informan dianalisis kemudian ditarik kesimpulan secara umum tentang profesionalitas guru PAI di MA dan MTs Ali Maksum sebelum dan sesudah sertifikasi serta dampak sertifikasi terhadap profeionalitas guru. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Guru-guru yang mengajar rumpun mata pelajaran PAI yang telah lulus sertifikasi di MA dan MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta sebelum mengikuti sertifikasi adalah termasuk guru profesional. Karena ketika menyusun portofolio untuk mengikuti sertifikasi mereka sudah mempunyai apa yang dibutuhkan dalam portofolio yang meliputi sepuluh komponen. Sehingga ketika menyusun portofolio mereka tinggal menyusun semua dokumen yang telah mereka simpan. (2) Guru-guru yang mengajar rumpun mata pelajaran PAI yang telah lulus sertifikasi di MA dan MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta setelah mengikuti sertifikasi memenuhi kriteria sebagai guru profesional, penilaian yang dilakukan mengacu pada empat kompetensi yang meliputi kompetensi Pedagogik, kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian dan kompetensi Profesional. (3) Sertifikasi guru, khususnya yang melalui jalur penilaian portofolio belum bisa meningkatkan profesionalitas guru PAI di MA dan MTs Ali Maksum. Karena melalui penilaian portofolio ini belum menggambarkan penghargaan pada hasil proses belajar mengajar, seorang guru baru dinilai dari bukti fisik yang mayoritas diwujudkan dalam bentuk lembar-lembar piagam. Hal ini berarti guru yang selalu sibuk dengan penataran dan memiliki banyak piagam yang akan diuntungkan dengan sertifikasi melalui jalur penilaian portofolio ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sukiman, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi, Guru, Profesionalitas, Pendisikan Agama Islam
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2886

Actions (login required)

View Item View Item