PENGGUNAAN BUKU IBTIDAI DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH DI PONDOK PESANTREN NURUL IKHLASH LANGON JEPARA TAHUN AJARAN 2015/2016

MUHAMMAD AINUR ROZAQ, NIM. 11420126 (2017) PENGGUNAAN BUKU IBTIDAI DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH DI PONDOK PESANTREN NURUL IKHLASH LANGON JEPARA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN BUKU IBTIDAI DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH DI PONDOK PESANTREN NURUL IKHLASH LANGON JEPARA TAHUN AJARAN 2015/2016)
11420126_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN BUKU IBTIDAI DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH DI PONDOK PESANTREN NURUL IKHLASH LANGON JEPARA TAHUN AJARAN 2015/2016)
11420126_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penggunaan buku Ibtidai sebagai metode praktis dan mudah dalam pembelajaran maharah qiraah serta kekurangan dan kelebihan metode tersebut. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yang masuk dalam kategori kualitatif. Penulis melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang penulis peroleh bersumber dari, pengasuh pondok, ustadz-ustadz, dan santri-santri pondok. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif yang bersifat deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) proses pembelajaran di kelas meliputi muqaddimah, Penyajian materi, dan penutup. Penyajian materi dilakukan dengan cara ustadz membaca, lalu para siswa menirukan (seperti orang akad nikah). Kemudian keterangan materi kitab diterangkan setelah proses membaca selesai. 2) Hambatan yang dihadapi dalam penggunaan buku ibtidai yaitu ketika santri belum bisa membaca Qur‟an dan baca tulis pegon. Sehingga santri harus belajar terlebih dahulu sebelum menuju buku ibtidai 3) Kekurangan ibtidai adalah materi qowaid belum mendalam, dan belum utuh (masih terpencar-pencar). 4) Pembelajaran metode ibtidai di Pondok Pesantren Nurul Ikhlash Langon cukup efektif untuk membantu siswa dalam proses belajar membaca, khususnya kitab kuning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A
Uncontrolled Keywords: penggunaan, buku ibtidai, metode ibtidai, maharah qiraah, Nurul Ikhlash, Langon Jepara.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Jan 2018 10:41
Last Modified: 04 Jan 2018 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28861

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum