PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (STUDI KASUS UPPKS ‘MEKAR SARI’ DI DUSUN WONOCATUR, BANGUNTAPAN, BANTUL)

DESY MARLINA, NIM. 13250043 (2017) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (STUDI KASUS UPPKS ‘MEKAR SARI’ DI DUSUN WONOCATUR, BANGUNTAPAN, BANTUL). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (STUDI KASUS UPPKS ‘MEKAR SARI’ DI DUSUN WONOCATUR, BANGUNTAPAN, BANTUL))
13250043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (STUDI KASUS UPPKS ‘MEKAR SARI’ DI DUSUN WONOCATUR, BANGUNTAPAN, BANTUL))
13250043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Masalah kemiskinan seringkali menjadi permasalahan yang kerap diperbincangkan. Mulai dari faktor penyebab hingga dampaknya pun seringkali diulas. Bahkan tak jarang kemiskinan ini diidentikkan dengan kesejahteraan. Kemiskinan kerap dijadikan akar penyebab masalah-masalah sosial lainnya. Kemiskinan kerap melanda negara-negara berkembang tak terkecuali di Indonesia. Program-program pengentasan kemiskinan pun sudah banyak bermunculan, salah satunya yaitu program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) yang menyasar kaum perempuan, khususnya ibu rumah tangga miskin. Program UPPKS sudah banyak bermunculan di berbagai wilayah di Indonesia. Program UPPKS ini berada dibawah naungan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Salah satu wilayah yang ada program UPPKS yaitu di Dusun Wonocatur Banguntapan Bantul. Program UPPKS yang ada di dusun Wonocatur ini bernama UPPKS ‘Mekar Sari’. UPPKS Mekar Sari telah berdiri 26 tahun dan sudah banyak penghargaan yang didapat .Sehingga peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian di UPPKS Mekar Sari. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggambarkan pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh UPPKS Mekar Sari dan mengetahui apa saja faktor berdayanya perempuan di Dusun Wonocatur. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, informan dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang meliputi pengurus UPPKS dan anggota. Hasil dari penelitian ini yaitu pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh UPPKS Mekar Sari dilalui oleh beberapa tahapan. Tahapan tersebut terdiri dari tahapan persiapan, asesesmen,perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Serta terdapat 8 indikator pemberdayaan. Dari 8 indikator tersebut 3 diantaranya belum maksimal yaitu kekuasaan atas HAM, sumber daya dan reproduksi. Selain itu ada dua faktor yang mempengaruhi berdayaanya perempuan di Dusun Wonocatur. Faktor kultural dan faktor struktural, dari kedua faktor tersebut yang tidak menghalangi berdayanya perempuan yaitu faktor kultural. Sedangkan untuk faktor struktural ada beberapa yang belum maksimal yaitu cukup dominannya partisipasi kaum elit dan penerima manfaat belum sepenuhnya subyek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Abidah Muflihati, S.Th.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Pemberdayaan Perempuan, Program UPPKS, UPPKS Mekar Sari, Dusun Wonocatur Banguntapan Bantul
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Jan 2018 04:20
Last Modified: 10 Apr 2018 04:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28864

Actions (login required)

View Item View Item