KEMITRAAN LSM DAN PERUSAHAAN PT. SARI HUSADA UNTUK KESEJAHTERAAN (STUDI KASUS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH LSM LPTP SURAKARTA DI KECAMATAN CANGKRINGAN SLEMAN)

DIAH PUTRI RISMIADANI, NIM. 13250063 (2017) KEMITRAAN LSM DAN PERUSAHAAN PT. SARI HUSADA UNTUK KESEJAHTERAAN (STUDI KASUS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH LSM LPTP SURAKARTA DI KECAMATAN CANGKRINGAN SLEMAN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KEMITRAAN LSM DAN PERUSAHAAN PT. SARI HUSADA UNTUK KESEJAHTERAAN (STUDI KASUS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH LSM LPTP SURAKARTA DI KECAMATAN CANGKRINGAN SLEMAN))
13250063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KEMITRAAN LSM DAN PERUSAHAAN PT. SARI HUSADA UNTUK KESEJAHTERAAN (STUDI KASUS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH LSM LPTP SURAKARTA DI KECAMATAN CANGKRINGAN SLEMAN))
13250063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemitraan perusahaan Sari Husada dengan LSM LPTP untuk program pemberdayaan masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan dengan menyelesaikan masalah ekonomi khususnya para peternak di Cangkringan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai penambah wawasan, ilmu pengetahuan serta membantu perusahaan dan LSM yang bermitra, dalam program yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek penelitian yaitu kemitraan perusahaan Sari Husada dan LSM LPTP dalam pemberdayaan masyarakat di Cangkringan Sleman. Sedangkan subjek dari penelitian ini adalah orang-orang yang terlibat langsung dengan program yaitu LPTP, perusahaan Sari Husada dan kelompok masyarakat dampingan di Cangkringan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dengan metode deskriptif mengumpulkan semua data dan informasi kemudian direduksi, disajikan dan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan telah melaksanakan tanggung jawab sosialnya melalui program CSR dengan program pemberdayaan masyarakat. Dimana perusahaan menggunakan model CSR yaitu bermitra dengan LSM untuk pelaksanaan pemberdayaan masyarakat yaitu oleh LSM LPTP. Bermitra dengan LSM memiliki tujuan karena LSM lebih mudah diterima oleh masyarakat sehingga lebih mudah melakukan pendekatan. Pemberdayaan masyarakat tersebut merupakan bagian dari intervensi komunitas dengan model pengembangan masyarakat lokal dimana selalu melibatakan masyarakat dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah. Tujuan dari pemberdayaan masyarakat adalah untuk perbaikan pendapatan dengan dibentuknya bisnis untuk kelompok dampingan oleh LPTP sehingga dapat memenuhi pendapatan, baik untuk kelompok masyarakat itu sendiri dan setiap keluarga dari kelompok dampingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muhammad Izzul Haq,S.Sos.,M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kemitraan Perusahaan dan LSM, Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi, Merapi Project.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Jan 2018 04:33
Last Modified: 04 Jan 2018 04:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28866

Actions (login required)

View Item View Item