INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP ANAK KORBAN KEKERASAN PSIKIS DI YAYASAN SAYANGI TUNAS CILIK YOGYAKARTA

MUHAMMAD ARIFIN, NIM. 13250110 (2017) INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP ANAK KORBAN KEKERASAN PSIKIS DI YAYASAN SAYANGI TUNAS CILIK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP ANAK KORBAN KEKERASAN PSIKIS DI YAYASAN SAYANGI TUNAS CILIK YOGYAKARTA)
13250110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP ANAK KORBAN KEKERASAN PSIKIS DI YAYASAN SAYANGI TUNAS CILIK YOGYAKARTA)
13250110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Arifin (Intervensi Mikro Pekerja Sosial terhadap Anak Korban Kekerasan Psikis Di Yayasan Sayangi Tunas Cilik Yogyakarta). Salah satu kekerasan terhadap anak atau child abuse adalah kekerasan psikis. Kekerasan ini berdampak negatif pada anak yang mengalaminya sehingga harus ada intervensi untuk meminimalisir dampak-dampaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui intervensi mikro pekerja sosial terhadap anak korban kekerasan psikis di Yayasan Sayangi Tunas Cilik Yogyakarta dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat intervensi mikro pekerja sosial terhadap anak korban kekerasan psikis di Yayasan Sayangi Tunas Cilik Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dari wawancara dengan case worker, case manager, PO database dan manajer Save the Children Yogyakarta, dokumentasi dilakukan terhadap dokumen tentang profil lembaga, format tahapan intervensi dan dokumen pendukung lainnya. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan dan terakhir ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pekerja sosial membangun hubungan dengan teknik menggambar genogram keluarga, berbicara kecil (small talk), active listening dan paraphrasing. Asesmen dilakukan dengan wawancara, observasi, dan medium gambar yang hasilnya asesmen awal dan asesmen lanjutan klien. Perencanaan dan pelaksanaan intervensi dengan pelatihan good parenting yang ditujukan ke orangtua klien, konseling, akses UKP UGM, terapi sosial, dan akses PKBM bagi klien. Evaluasi untuk mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan. Terminasi dilakukan sebagai pemutusan hubungan profesional antara pekerja sosial dan klien. Dalam pemberian intervensi kepada klien terdapat faktor pendukung dan penghambat saat proses pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Anak Korban Kekerasan Psikis, Intervensi Mikro, Pekerja Sosial.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Jan 2018 05:49
Last Modified: 04 Jan 2018 05:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28869

Actions (login required)

View Item View Item