PERAN KELUARGA SEBAGAI SUPPORT SYSTEM DALAM REHABILITASI ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI PANTI SOSIAL MARSUDI PUTRA ANTASENA MAGELANG

YOGA PURWANTO, NIM. 13250109 (2017) PERAN KELUARGA SEBAGAI SUPPORT SYSTEM DALAM REHABILITASI ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI PANTI SOSIAL MARSUDI PUTRA ANTASENA MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN KELUARGA SEBAGAI SUPPORT SYSTEM DALAM REHABILITASI ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI PANTI SOSIAL MARSUDI PUTRA ANTASENA MAGELANG)
13250109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN KELUARGA SEBAGAI SUPPORT SYSTEM DALAM REHABILITASI ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI PANTI SOSIAL MARSUDI PUTRA ANTASENA MAGELANG)
13250109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Anak berhadapan dengan hukum sangat membutuhkan rehabilitasi sosial, yang salah satunya ada di PSMP Antasena Magelang. Selama proses rehabilitasi berlangsung keluarga sangat dibutuhkan untuk memberikan perannya dalam membantu proses rehabilitasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keluarga dan dampak dari keluarga sebagai support sistem dalam rehabilitasi sosial. Teori yang dibahas dalam penelitian ini meliputi fungsi keluarga, peran keluarga dan bentuk-bentuk dukungan sosial. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah 3 keluarga penerima manfaat dan informan tambahan sebagai penghubung dengan sumber. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi serta analisi data dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat dari informan, peran keluarga lebih menonjol ketika anak dalam masa rehabilitasi. Fungsi-fungsi dari keluarga lebih terlihat dalam proses rehabilitasi serta dukungan yang diberikan keluarga lebih meningkat. Dari hasil penelitian dampak dari peran keluarga dalam rehabilitasi sosial sangat besar bagi perkembangan dan perubahan perilaku penerima manfaat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Abidah Muflihati, S.Th.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: PSMP Antasena, anak berhadapan dengan hukum, peran keluarga
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Jan 2018 05:54
Last Modified: 04 Jan 2018 05:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28870

Actions (login required)

View Item View Item