UPAYA PROGRAM PENGURANGAN PEKERJA ANAK-PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PPA-PKH) DALAM MEMENUHI HAK PENDIDIKAN PEKERJA ANAK DI KABUPATEN TEMANGGUNG

AZZAM ZIAUL HAQ, NIM. 13250086 (2017) UPAYA PROGRAM PENGURANGAN PEKERJA ANAK-PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PPA-PKH) DALAM MEMENUHI HAK PENDIDIKAN PEKERJA ANAK DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA PROGRAM PENGURANGAN PEKERJA ANAK-PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PPA-PKH) DALAM MEMENUHI HAK PENDIDIKAN PEKERJA ANAK DI KABUPATEN TEMANGGUNG)
13250086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PROGRAM PENGURANGAN PEKERJA ANAK-PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PPA-PKH) DALAM MEMENUHI HAK PENDIDIKAN PEKERJA ANAK DI KABUPATEN TEMANGGUNG)
13250086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Anak yang bekerja dan mencari pekerjaan diidentifikasi sebagai anak yang rentan menjadi pekerja anak. Permasalahn ini muncul dalam kegiatan ekonomi yang disebabkan karena faktor kemiskinan. Salah satu penyebab kemiskinan adalah rendahnya sumber daya manusia sehinga tidak mampu bersaing dipasaran tenaga kerja, hal ini terjadi karena rendahnya tingkat pendidikan. Karena anak pada usia 18 tahun kebawah seharusnya masih duduk di bangku sekolah. Program PPA-PKH berupaya mengembalikan pekerja anak ke dunia pendidikan dengan menarik anak dari dunia kerja untuk kemudian berpartisipasi didalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya program PPA-PKH dalam memenuhi hak pendidikan pekerja anak di Kabupaten Temanggung dari Tahun 2014-2017 dan untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan Program PPAPKH di Kabupaten Temanggung. Penelitaian ini menggunakan Metode penelitian kualitatif dan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah upaya program PPA-PKH di kabupatean Temanggung dari Tahun 2014-2017 cukup baik dalam mengurangi jumlah pekerja anak dan anak putus sekolah. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah peserta 442 yang di tarik dari tempat kerjanya dan dikembalikan ke pendidikan formal berjumlah 90 anak dan non-formal berjumlah 352 sesuai dengan tingkatannya. Adapun faktor penghambat pelaksanaan progam adalah kurangnya motivasi dari anak baik karena pengaruh lingkungan, orang tua maupun teman sebaya dan ekonomi keluarga yang kurang mampu. Faktor lain ialah kurang validnya data yang membuat tenaga pendamping sulit saat melaksanakan perekrutan PPA-PKH di Kabupupaten Temanggung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andayani, S.IP., MSW
Uncontrolled Keywords: Upaya PPA-PKH, Hak Pendidikan Pekerja Anak
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Jan 2018 06:05
Last Modified: 04 Jan 2018 06:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28872

Actions (login required)

View Item View Item