EKSPERIMENTASI METODE TUTORIAL SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN QIRAAH BAGI SISWA KELAS xi DI MAN AL-MUHAJIRIN BANGKA BELITUNG

DENI NIM. 04420926, (2009) EKSPERIMENTASI METODE TUTORIAL SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN QIRAAH BAGI SISWA KELAS xi DI MAN AL-MUHAJIRIN BANGKA BELITUNG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE TUTORIAL SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH BAGI SISWA KELAS xi DI MAN AL-MUHAJIRIN BANGKA BELITUNG)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE TUTORIAL SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH BAGI SISWA KELAS xi DI MAN AL-MUHAJIRIN BANGKA BELITUNG)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (150kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kemampuan qira'ah siswa kelompok eksperimen ( kelompok yang menggunakan metode tutorial sebaya ) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang tidakk menggunakan metode tutorial sebaya. Dengan adanya penelitian ini diharapkan meningkatkan kemampuan qira'ah siswa kelas XI di MA Al Muhajirin KobaBangka Belitung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Al -Muhajirin Koba Bangka Belitung tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 84 siswa, yang terdiri dari dua kelas yaitu, kelas XI A sebagai kelompok eksperiment berjumlah 41 siswa dan kelas XI B sebagai kelompok kontrol berjumlah 43 siswa.Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi,wawancara, dokumentasi dan tes. Sedangkan pengkajian instrumen dalam rangka menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas yang dipakai adalah uji validitas rumus Korelasi produk moment pearson sedangkan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Kuder Richardson-20, Persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus kai kuadrat, sedangkan uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan rumus analisis Varians.Analisis untuk pengujian hipotesis yang dipakai berupa analisis statistik dengan menggunakan rumus uji quot;t quot;. Berdasarkan hasil analisis uji quot;t quot; disimpulkan bahwa quot; terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan qira'ah antara siswa kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan metode tutorial sebaya) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan metode, tutorial sebaya). Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata post test untuk kelompok eksperimen sebesar 56,878. sedangkan nilai rata-rata post test hasil belajar qira'ah siswa kelompok kontrol sebesar 57,767. Dan rata-rata peningkatan kemampuan qira'ah tersebut, kelompok eksperiment menunjukkan peningkatan lebih tinggi, yakni sebesar 13,488. sedangkan untuk kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata peningkatan sebesar 9,279. Dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masing kelompok menunjukkan bahwa metode tutorial sebaya dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih metode pembelajaran qira'ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Nurhadi, MA
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, Metode Tutorial, Pembelajaran, Qiraah, Siswa
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 08 Aug 2012 10:55
Last Modified: 03 Apr 2017 02:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2888

Actions (login required)

View Item View Item