PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH MIFTAKHUL ‘ULUM DESA BANJARSARI GAJAH DEMAK

ISMA KHOIRUNA, NIM. 13420004 (2017) PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH MIFTAKHUL ‘ULUM DESA BANJARSARI GAJAH DEMAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH MIFTAKHUL ‘ULUM DESA BANJARSARI GAJAH DEMAK)
13420004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH MIFTAKHUL ‘ULUM DESA BANJARSARI GAJAH DEMAK)
13420004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Madrasah Diniyah Miftakhul „Ulum merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang berada di desa Banjarsari Gajah Demak. Madrasah ini memiliki tujuan untuk mencerdaskan anak bangsa. Kompetensi guru amatlah penting dalam meningkatkan potensi yang dimiliki peserta didik. Salah satu pelajaran yang dikaji adalah bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Profesionalisme guru dalam pembelajaran bahasa Arab di madrasah diniyah Miftakhul „Ulum desa Banjarsari Gajah Demak. 2). Upaya pengembangan pembelajaran bahasa Arab di madrasah diniyah Miftakhul „Ulum. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data dari lapangan (Field Research). Subyek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa arab, peserta didik, staff, dan masyarakat desa Banjarsari. Pengumpulan data diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini metode analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Model analisis interaktif ini dilakukan dengan tiga langkah analisis data kualitatif, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : 1). Secara keseluruhan guru bahasa Arab di madrasah diniyah Miftakhul „Ulum sudah menguasai profesionalisme guru dengan baik karena sudah memenuhi 19 - 20 indikator dari 22 indikator profesiolitas guru 2). Upaya pengembangan pembelajaran bahasa Arab di madrasah diniyah Miftakhul „Ulum melalui (a)Pengembangan di dalam kelas meliputi pengelolaan kelas, metode pengajaran, strategi pengajaran dan administrasi pengajaran (b) Pengembangan di luar kelas merupakan ekstra kurikuler yang mana mengajarkan tentang pelatihan kaligrafi, dan pidato bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A,
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru , Pengembangan Pembelajaran, Miftakhul ‘Ulum Banjarsari
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jan 2018 09:32
Last Modified: 05 Jan 2018 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28882

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum