STUDI EKSPERIMEN METODE SNOWBALL THROWING DILENGKAPI METODE GUIDE NOTETAKING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2016/2017

DEWI NUR AZIZAH, NIM. 13420015 (2017) STUDI EKSPERIMEN METODE SNOWBALL THROWING DILENGKAPI METODE GUIDE NOTETAKING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI EKSPERIMEN METODE SNOWBALL THROWING DILENGKAPI METODE GUIDE NOTETAKING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2016/2017)
13420015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (STUDI EKSPERIMEN METODE SNOWBALL THROWING DILENGKAPI METODE GUIDE NOTETAKING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2016/2017)
13420015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pada saat pembelajaran bahasa Arab di kelas X MAN 2 Sleman. Sebagian besar siswa mengatakan bahwa belajar bahasa Arab itu tidak menyenangkan dan sulit. Hal tersebut mengakibatkan ketika mereka belajar bahasa Arab menjadi malasmalasan. Dan juga dikarenakan guru masih menggunakan metode yang monoton yaitu metode ceramah. Hal tersebut menyebabkan kegiatan pembelajaran kurang menarik dan membosankan bagi siswa, serta membuat siswa tidak memiliki keinginan untuk aktif dalam pembelajaran. Hal demikian juga menyebabkan, hasil belajar yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Snowball Throwing dilengkapi metode Guide Note Taking adakah peningkatan yang signifikan keaktifan dan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang diterapkan metode Snowball Throwing dilengkapi metode Guide Note Taking dan kelas kontrol yang tidak diterapkan metode Snowball Throwing dilengkapi metode Guide Note Taking pada siswa kelas X MAN 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pretest postest control group desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Sleman. Kemudian diambil sampel kelas XMIA-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XMIA-1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U-Test dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pelaksanaan metode Snowball Throwing dilengkapi metode Guide Note Taking diawali dengan membagikan handout teks المِهنَة pada siswa yang sudah dikosongi point-point pentingnya. Selanjutnya peneliti membagi siswa menjadi 6 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 siswa. Guru (peneliti) membacakan teks lalu siswa mengisi point-point yang kosong tersebut. Selanjutnya, guru memberikan 2 soal kepada masing-masing kelompok tentang materi yang sudah dibacakan untuk diterjemahkan. 2) Tidak terdapat perubahan yang signifikan pada hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Snowball Throwing dilengkapi metode Guide Note Taking. Sebagaimana hasil analisis dari peningkatan hasil pretest-postest dengan uji Mann Whitney U-Test menunjukkan bahwa nilai Sig 0.136 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak. 3) Terdapat perubahan yang signifikan pada keaktifan belajar siswa dengan menerapkan metode Snowball Throwing dilengkapi metode Guide Note Taking. Sebagaimana hasil analisis dari hasil lembar observasi keaktifan siswa dengan uji Mann Whitney U-Test menunjukkan bahwa nilai Sig 0.026 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, M.M
Uncontrolled Keywords: Metode Snowball Throwing, Metode Guide Note Taking, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jan 2018 09:39
Last Modified: 05 Jan 2018 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28884

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum