PENERAPAN ASPEK-ASPEK BEHAVIORISTIK DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AN-NAWAWI BANTUL

AAT SHOIM WIJAYA, NIM. 1320411044 (2017) PENERAPAN ASPEK-ASPEK BEHAVIORISTIK DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AN-NAWAWI BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN ASPEK-ASPEK BEHAVIORISTIK DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AN-NAWAWI BANTUL)
1320411044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN ASPEK-ASPEK BEHAVIORISTIK DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AN-NAWAWI BANTUL)
1320411044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pengajaran bahasa Arab merupakan proses pembelajaran agar siswa mampu menyimak, berbicara, membaca dan menulis, dalam usaha mengoptimalkan pengajaran bahasa Arab, pengajaran akan dipengaruhi eklektik psikologi. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui penerapan aspek-aspek behavioristik dalam pengajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah An-nawawi Bantul. penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pengajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah An-nawawi Bantul. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam usaha peningkatan mutu pengajaran bahasa Arab di Madrasah diniyah An-nawawi Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan pengamatan secara terus menerus, melakukan wawancara secara mendalam, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan melalui triangulasi sumber. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis model interaktif yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasi penelitian ini diantaranya : 1) Pelaksanaan pengajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah An-nawawi terencana dan didominasi oleh peran guru dan siswa bersifat pasif, karena guru telah merumuskan tujuan tujuan pengajaran, materi, metode, media dan penilaian. Guru menggunakan variasi metode dan media sesuai dengan materi yang akan disampaikan, guru mengadakan penilaian bertujuan untuk mengetahui hasil pengajaran yang telah disampaikan. 2) Penerapan aspek-aspek psikologi behavioristik sangat dominan dalam metode pengajaran bahasa Arab dari pendekatan, metode dan teknik pengajaran bahasa Arab yang disampaikan oleh guru didalam kelas melalui latihan, pengulangan, peniruan, pembiasaan dan hafalan. Dengan menggunakan tiga prinsip utama teori behavioristik dalam pengajaran yaitu masukan/input yang berupa rangsangan (stimulus), keluaran (output), yang berupa gerak balas (respone) dan penguatan (reinforceement).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sukamta, M.A
Uncontrolled Keywords: Penerapan Aspek-Aspek Behavioristik, Pengajaran Bahasa Arab, Madrasah Diniyah An-nawawi.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Jan 2018 09:43
Last Modified: 05 Jan 2018 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28886

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum