ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PRODUKSI INDUSTRI KERAJINAN PERAK DI GUNUNGKIDUL (Studi Kasus Desa Pampang, Kecamatan Paliyan, Kab. Gunungkidul)

ASTRIYANI, NIM. 14810042 (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PRODUKSI INDUSTRI KERAJINAN PERAK DI GUNUNGKIDUL (Studi Kasus Desa Pampang, Kecamatan Paliyan, Kab. Gunungkidul). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PRODUKSI INDUSTRI KERAJINAN PERAK DI GUNUNGKIDUL (Studi Kasus Desa Pampang, Kecamatan Paliyan, Kab. Gunungkidul))
14810042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PRODUKSI INDUSTRI KERAJINAN PERAK DI GUNUNGKIDUL (Studi Kasus Desa Pampang, Kecamatan Paliyan, Kab. Gunungkidul))
14810042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan produksi ialah sebuah mata rantai dari konsumsi dan distribusi. Dari kegiatan produksilah maka akan menghasikan barang dan jasa, yang kemudian dapat dikonsumsi oleh para konsumen. Tanpa adanya produksi maka kegiatan ekonomi akan berhenti, begitu pula sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh modal, tenaga kerja dan bahan baku terhadap nilai produksi kerajinan perak. Populasi dalam penelitian ini yaitu pemilik usaha kerajinan perak di Desa Pampang sebanyak 97 orang. Sampel yang digunakan berjumlah 49 orang. Model penelitian mengadopsi fungsi Cobb- Douglas dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil peneltian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan modal terhadap nilai produksi industri kerajinan perak; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan tenaga kerja terhadap nilai produksi industri kerajinan perak; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan bahan baku terhadap nilai produksi industri kerajinan perak. Nilai R2 sebesar 0,7684 menunjukkan bahwa sebesar 76,84% variasi nilai produksi kerajinan perak dipengaruhi oleh variasi modal, tenaga kerja dan bahan baku, sedangkan 23,16% dipengaruhi oleh variasi variabel lain di luar penelitian ini. Kata kunci: Nilai produksi, Modal, Tenaga Kerja, Bahan Baku [INDONESIA]Kegiatan produksi ialah sebuah mata rantai dari konsumsi dan distribusi. Dari kegiatan produksilah maka akan menghasikan barang dan jasa, yang kemudian dapat dikonsumsi oleh para konsumen. Tanpa adanya produksi maka kegiatan ekonomi akan berhenti, begitu pula sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh modal, tenaga kerja dan bahan baku terhadap nilai produksi kerajinan perak. Populasi dalam penelitian ini yaitu pemilik usaha kerajinan perak di Desa Pampang sebanyak 97 orang. Sampel yang digunakan berjumlah 49 orang. Model penelitian mengadopsi fungsi Cobb- Douglas dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil peneltian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan modal terhadap nilai produksi industri kerajinan perak; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan tenaga kerja terhadap nilai produksi industri kerajinan perak; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan bahan baku terhadap nilai produksi industri kerajinan perak. Nilai R2 sebesar 0,7684 menunjukkan bahwa sebesar 76,84% variasi nilai produksi kerajinan perak dipengaruhi oleh variasi modal, tenaga kerja dan bahan baku, sedangkan 23,16% dipengaruhi oleh variasi variabel lain di luar penelitian ini. Kata kunci: Nilai produksi, Modal, Tenaga Kerja, Bahan Baku

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SUNARSIH, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Nilai produksi, Modal, Tenaga Kerja, Bahan Baku, Nilai produksi, Modal, Tenaga Kerja, Bahan Baku
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Feb 2018 11:01
Last Modified: 06 Feb 2018 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum