PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TENIK TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA (STUDI EKSPERIMEN TERHADADAP SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL-ICHSAN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016/2017)

SYANNI SUHARTI, NIM. 13420023 (2017) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TENIK TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA (STUDI EKSPERIMEN TERHADADAP SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL-ICHSAN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016/2017). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TENIK TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA (STUDI EKSPERIMEN TERHADADAP SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL-ICHSAN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016/2017))
13420023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TENIK TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA (STUDI EKSPERIMEN TERHADADAP SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL-ICHSAN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016/2017))
13420023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Keaktifan siswa di kelas VIII MTs Al-Ichsan masih sangat rendah dan prestasi belajar juga masih harus ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Cooperative Learning teknik TGT di kelas VIII MTs Al-Ichsan dapat berpengaruh terhadap peningkatan keaktifan dan prestasi belajar bahasa Arab dan untuk mengetahui signifikansi perbedaan keaktifan dan prestasi belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 18 orang untuk kelas eksperimen dan 28 orang untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, penerapan metode Cooperative Learning teknik TGT dalam proses pembelajaran bahasa Arab meliputi 1) persiapan sebelum pembelajaran, yaitu berupa menyiapkan soal latihan untuk games dan tournament siswa, 2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran, yaitu meliputi penyampaian materi oleh peneliti dan diskusi kelompok, 3) evaluasi atau pendalaman materi, yaitu berupa pelaksanaan teknik TGT. Kedua, penerapan metode Cooperative Learning teknik TGT berpengaruh terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa. dengan metode ini, kelas eksperimen memiliki tingkat keaktifan “Sangat Aktif” dengan persentase 86%, sedangkan kelas kontrol masuk dalam kategori : Kurang Aktif” dengan persentase 52%. Metode ini juga berpengaruh pada prestasi siswa. dapat dilihat dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 88,5 sedangkan kelas kontrol 79,3. Ketiga, berdasarkan uji Mann Whitney, keaktifann siswa menghasilkan nilai sig (2-tailed) = 0,000 0,05, maka berarti ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol (Ha diterima). dari uji “independent sampel test” terhadap nilai pretest, diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,800 0,05 dan posttest diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,145 0,05, maka berarti tidak ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan metode Cooperative Learning teknik Teams Games Tournament (Ha ditolak).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar, Teams Games Tournament.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jan 2018 10:20
Last Modified: 05 Jan 2018 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28893

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum