PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL (STUDI KASUS DI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)

TITI ANIFAH, NIM. 13420037 (2017) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL (STUDI KASUS DI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL (STUDI KASUS DI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA))
13420037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL (STUDI KASUS DI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA))
13420037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta,dimana sekolah tersebut mempunyai program unggulan yaitu sistem boarding school, yaitu siswa kelas XI MA Nurul Ummah harus tinggal di Asrama yang didalamnya terdapat berbagai macam kegiatan. Salah satu dari kegiatan tersebut yaitu pembelajaran bahasa Arab Madrasah Diniyyah. Selain itu, proses pembelajaran bahasa Arab juga dilaksanakan di MA Nurul Ummah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang dilaksanakan di MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, di Asrama pelajar putra Nurul Ummah dan Asrama pelajar Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta dengan menggunakan analisis data kualitatif. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem boarding school di MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yaitu siswa harus tinggal di Asrama dan mengikuti seluruh kegiatan yang ada di Asrama, bagi siswa yang tidak tinggal di Asrama, maka siswa tersebut harus tinggal tidak jauh dari Madrasah, dan harus mematuhi peraturan yang ada di Asrama. Penerapan pembelajaran bahasa Arab sistem boarding school kelas XI MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta dilakukan dengan menyamakan tujuan pembelajaran bahasa Arab yang ada di Madrasah dan di Asrama. Tujuannya yaitu agar siswa dapat membaca, menulis, berbicara, mendengar/menyimak, menerjemahkan, serta mempraktikan Nahwu-Shorof. Berdasarkan hasil dokumentasi, dampak pembelajaran bahasa Arab dengan sistem boarding school terhadap prestasi siswa MA Nurul Ummah dapat diketahui melalui hasil nilai UTS dan UAS, yaitu dengan nilai rata-rata siswa 80. Dari dokumentasi tersebut dapat diketahui bahwa nilai bahasa Arab siswa MA Nurul Ummah telah melebihi standar nilai KKM, yaitu 75. Sehingga sistem boarding school berdampak positif terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa Arab, Sistem boarding school, Prestasi siswa.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jan 2018 10:36
Last Modified: 05 Jan 2018 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28897

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum