UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

ASRI PRIHATIN, NIM. 13420041 (2017) UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017)
13420041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017)
13420041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam peningkatan prestasi belajar bahasa Arab pada siswa tunanetra di MAN 2 Sleman, dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam peningkatan prestasi belajar bahasa Arab pada siswa tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian guru bahasa Arab dan siswa tunanetra kelas X-XI di MAN 2 Sleman. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya-upaya guru bahasa Arab di MAN 2 Sleman yaitu menggunakan metode dan media pembelajaran bervariatif, memberikan motivasi, memberikan kesempatan kepada siswa normal dan siswa penyandang tunanetra agar dapat saling membantu dalam pembelajaran bahasa Arab, serta menyampaikan hambatan belajar siswa tunanetra kepada guru pendamping khusus. Beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam peningkatan prestasi belajar bahasa Arab yaitu faktor pendukung maupun faktor penghambat. Adapun faktor pendukungnya yaitu interaksi yang baik antara guru bahasa Arab, siswa tunanetra, dan siswa normal, adanya guru pendamping khusus untuk siswa tunanetra, sarana-prasarana, dan lingkungan madrasah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keadaan siswa, minimnya kemampuan guru menggunakan sarana-prasarana yang tersedia, waktu pelajaran yang kurang, buku dan fasilitas yang terbatas, minimnya kemampuan guru dalam membaca dan menulis huruf braille, serta minimnya bantuan biaya operasional dan tenaga pendukung. Dengan upaya-upaya tersebut mampu memberikan peningkatan prestasi kepada siswa penyandang tunanetra dan juga siswa normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi M.A.,
Uncontrolled Keywords: Upaya, Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Arab, Siswa Tunanetra.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jan 2018 11:11
Last Modified: 05 Jan 2018 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28898

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum