KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI INDONESIA (STUDI KOMPARATIF KOMPONEN KURIKULUM TAHUN 2006 DAN 2013)

SUGIANTORO S PD I, NIM. 1420411021 (2017) KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI INDONESIA (STUDI KOMPARATIF KOMPONEN KURIKULUM TAHUN 2006 DAN 2013). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI INDONESIA (STUDI KOMPARATIF KOMPONEN KURIKULUM TAHUN 2006 DAN 2013))
1420411021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI INDONESIA (STUDI KOMPARATIF KOMPONEN KURIKULUM TAHUN 2006 DAN 2013))
1420411021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Target dari penelitian ini: pertama, Mengetahui bagaimana Dinamika Kurikulum Pendidikan Agama Islam tahun 2006 dan 2013 pada sekolah menengah atas di Indonesia. Kedua Mengkomparasikan komponen Kurikulum Pendidikan Agama Islam tahun 2006 dan 2013 pada sekolah menengah atas di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian keperpustakaan (library research), yakni penelitian yang menekankan pada studi analisis data atau dokumen yang didapatkan dari sumber tertulis, baik sumber primer maupun sekunder demi mendapatkan informasi selengkaplengkapnya. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dari dokumen-dokumen terdahulu. Kemudian teknik analisis data yaitu mengolah data setelah diperoleh dari hasil penelitian, sehingga dapat diambil sebuah kesimpulan berdasarkan data yang faktual sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain, yang terakhir menggunakan teknik triangulasi sebagai teknik untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara keseluruhan, dapat dijelaskan dalam kurikulum 2013 lebih baik dan lebih terarah dibandingkan kurikulum 2006. Hal ini dikarenakan dalam kurikulum 2013, guru dituntut untuk tidak hanya sekedar menyampaikan materi namun juga mengajarkan nilai-nilai positif untuk membangun karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pendidikan Menengah Atas Dan Studi Komparatif.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Jan 2018 11:17
Last Modified: 05 Jan 2018 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28899

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum