STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK DALAM FILM THE FREEDOM WRITERS DAN RELEVANSINYA PADA NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Ely Kurniati NIM. 05410159, (2009) STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK DALAM FILM THE FREEDOM WRITERS DAN RELEVANSINYA PADA NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK DALAM FILM “THE FREEDOM WRITERS” DAN RELEVANSINYA PADA NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK DALAM FILM “THE FREEDOM WRITERS” DAN RELEVANSINYA PADA NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (462kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah hendaknya keberagaman kebhinekaan suku, etnis, bahasa, agama dan budaya yang ada di Indoensia dapat menjadi satu kesatuan yang utuh dan kuat serta yang paling penting dapat saling melengkapi. Kenyataanya di Indonesia deretan peristiwa kerusuhan, koflik dan perang antar agama yang terjadi di Kalimantan, Maluku, Poso. Terjadi berkali-kali hingga mengakibatkan banyak korban jiwa dan harta. Dalam usaha untuk memahami dan mengantisipasi sekaligus mencari solusi penanganan atas konflik ini seyogyanya semua lapisan masyarakat, agamawan, pemimpin masyarakat, penguasa, lembaga kemasyarakatan dan khususnya dunia pendidikan dapat belajar serta mengambil pengalaman dari sumber; buku, sejarah, kisah dan pengalaman hidup baik yang tertulis sebagai teks maupun yang visual. Film The Freedom Writers adalah salah satu contoh jenis film yang sangat kuat pesan penyadaran dan pendidikannya dengan persoalan utama konflik rasialisme. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi apa saja yang terdapat di dalam film FW ini, serta bagaimana strategi tersebut jika dihubungkan dengan nilai-nilai pendidikan Islam Penelitian ini bertumpu pada study pustaka (library research), dengan berfokus pada film The Freedom Writers. Pendekatan yang dipakai dalam penulisan ini menggunakan semiotik yaitu memaknai setiap tand-tanda. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumenter secara primer (data yang diambil dari DVD/VCD, Website) dan sekunder (data yang diambil dari berbagai literatur seperti buku-buku dan hal lain). Analisis data dilakukan dengan cara metode deskriptif yaitu teknik menganalisa isi atau teks dalam film. Hasil penelitian ini dengan berfokus pada film The Freedom Writers, menunjukkan bahwa Miss. G dalam menangani kelasnya dengan cara mengekplorasi manajemen konflik dan teknik-teknik mendidik yang menarik dan jitu untuk meruntuhkan kesadaran rasialis yang menghinggapi para siswanya. Diantaranya; Strategi Garis Tengah Kelas (membangkitkan hubungan emosional yang positif), Strategi Menulis Diary (bersikap jujur pada diri sendiri), Strategi Melawan Trauma; Berbasis Pengalaman Sejarah Orang Lain (supaya mengetahui betapa banyak korban harta dan nyawa), Strategi Empatik (Meet the Guest; agar berani menyataka kebebaran), Strategi Berbagi Kisah (dapat saling memahami satu sama lain). Terbukti mampu menjadikan kelas 203 kembali sehat dan normal. Menyadari akan hal ini maka, teknik pengajaran Miss.G di kelas 203 memiliki semangat yang selaras dengan prinsip dan nilai pendidikan dalam Islam misalnya; Kesetaraan Manusia dalam Islam, Nilai Kejujuran, Kemanusiaan dan Ukhuwah Islamiyah, Keadilan Sosial dalam Islam, dan Islam Rahmatan lil alamin. Meskipun demikian, sebagai suatu pengetahuan dan pengalaman yang memiliki setting ruang dan waktu, tradisi, budaya, agama dan situasi yang berbeda dengan Indonesia maka tentu tidak serta merta pengalaman Mis. G dalam film FW tersebut dapat otomatis diterapkan begitu rupa. Namun demikian, pesan utama dalam film FW untuk menolak rasialisme tetap relevan untuk menjadi suatu kajian dan refleksi penting bagi dunia pendidikan di Indonesia, mengingat potensi konflik berbasis SARA (Suku Antar Ras dan Agama) di negeri ini masih kerap terulang dan mengancam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muqowwim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi, Manajemen, Konflik, Film, The Freedom Writers, Relevansi, Nilai, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2012 10:34
Last Modified: 09 Aug 2012 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2890

Actions (login required)

View Item View Item