PENERAPAN METODE TAMYIZ DALAM PEMAHAMAN QAWĀ’ID DI KELAS XI MA PLUS NURURROHMAH PONPES AL-KAMAL TAMBAKSARI KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017

MA’RIFATUN NISA, NIM. 13420059 (2017) PENERAPAN METODE TAMYIZ DALAM PEMAHAMAN QAWĀ’ID DI KELAS XI MA PLUS NURURROHMAH PONPES AL-KAMAL TAMBAKSARI KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE TAMYIZ DALAM PEMAHAMAN QAWĀ’ID DI KELAS XI MA PLUS NURURROHMAH PONPES AL-KAMAL TAMBAKSARI KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017)
13420059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE TAMYIZ DALAM PEMAHAMAN QAWĀ’ID DI KELAS XI MA PLUS NURURROHMAH PONPES AL-KAMAL TAMBAKSARI KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017)
13420059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Bagi sebagian masyarakat, mempelajari gramatika bahasa Arab masih dipandang sulit dan membutuhkan waktu yang lama. Sehingga untuk dapat mencapai tujuan membaca kitab kuning atau terjemah Al-Qur’ān membutuhkan waktu yang cukup lama. Pada tahun 2010 munculah metode Tamyiz sebagai tawaran solusi permasalahan tersebut. Adapun MA Plus Nururrohmah Ponpes Al- Kamal telah menjadikan metode Tamyiz sebagai kurikulum muatan lokal. Sehingga yang ingin diketahui adalah tentang bagaimana implementasinya, evaluasi penerapan, serta faktor pendukung dan penghambat diterapkannya metode Tamyiz di madrasah tersebut. Penelitian di MA Plus Nururrohmah Ponpes Al-Kamal dilakukan menggunakan metode campuran dengan data primer kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Penerapan metode Tamyiz pada proses pemahaman qawā’id lebih banyak melakukan praktik dibanding teori dengan urutan salam, mengabsen, review materi, menentukan kedudukan kalimat diselingi teori, pembagian tugas, dan salam. Jika dilihat dari segi komponen dan hasil analisis CIPP diketahui 86,4% tingkat keberhasilan aspek konteks dari jumlah skor 298. Aspek input 72,3% dari jumlah skor 2687, aspek proses 73,3% dari jumlah skor 843 serta aspek produk 78,1% dari jumlah skor 445. Dari keseluruhan aspek yang dijumlahkan, telah diketahui tingkat keberhasilannya sebesar 73,9% dengan 4274 skor total dari 5780 skor maksimum. Faktor pendukungnya ada dua yaitu pendidik, dan kurikulum. Hambatannya muncul dari latar belakang peserta didik yang beragam. Adapun dari hasil tes pemahaman qawā’id peserta didik, diketahui rata-rata nilai mencapai 75,7 dari 41 data terkumpul dan telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ja’far Shodiq, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: metode Tamyiz, pemahaman qawā’id, evaluasi program model CIPP.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jan 2018 13:55
Last Modified: 05 Jan 2018 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28904

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum