KORELASI PENGUASAAN ASWAT ‘ARABIYYAH (BUNYI BAHASA ARAB) DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI KELAS VII MTSN NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

WIDY NUR FAUZIAH, NIM. 13420066 (2017) KORELASI PENGUASAAN ASWAT ‘ARABIYYAH (BUNYI BAHASA ARAB) DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI KELAS VII MTSN NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI PENGUASAAN ASWAT ‘ARABIYYAH (BUNYI BAHASA ARAB) DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI KELAS VII MTSN NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
13420066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KORELASI PENGUASAAN ASWAT ‘ARABIYYAH (BUNYI BAHASA ARAB) DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI KELAS VII MTSN NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
13420066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan aswat ‘Arabiyyah (Bunyi Bahasa Arab) bagi peserta didik di kelas VII MTs N Ngemplak, Sleman sebagai pembelajar bahasa Arab baru. Aswat (bunyi) adalah salah satu unsur penting dalam mempelajari bahasa Arab. Dengan menguasai bunyi bahasa Arab yang baik diharapkan peserta didik mampu mempelajari bahasa Arab lebih mudah sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran bahasa Arab yang nantinya berdampak pada prestasi belajar bahasa arab di kelas VII MTs N Ngemplak, Sleman. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara penguasaan aswat ‘Arabiyyah (bunyi bahasa Arab) dengan prestasi belajar bahasa Arab di kelas VII Mts N Ngemplak, Sleman, Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII MTs N Ngemplak, Sleman, Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017 dan diambil sampel sebanyak 114 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment yang kemudian diintrepetasikan dan diberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penguasaan aswat ‘Arabiyyah (Bunyi Bahasa Arab) kelas VII MTs N Ngemplak, Sleman berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 69,95. 2) Tingkat prestasi belajar bahasa Arab kelas VII MTs N Ngemplak, Sleman berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 66,66. 3) Hubungan antara penguasaan Penguasaan aswat ‘Arabiyyah (Bunyi Bahasa Arab) dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab di Kelas VII Mts N Ngemplak, Sleman, adalah positif dan signifikan, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,450. Dengan demikian, korelasi antara penguasaan aswat ‘Arabiyyah (bunyi bahasa Arab) dengan prestasi belajar bahasa Arab di kelas VII Mts N Ngemplak, Sleman, Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017 berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. Jafar Shodiq, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Aswat ‘Arabiyyah (bunyi bahasa Arab), Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jan 2018 07:52
Last Modified: 05 Jan 2018 07:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28907

Actions (login required)

View Item View Item