PERAN SERTA KOMITE MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) GANDEKAN BANTUL

DIAN YUDA PRASTIA NIM. 0441 0843, (2009) PERAN SERTA KOMITE MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) GANDEKAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN SERTA KOMITE MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) GANDEKAN BANTUL)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[img] Text (PERAN SERTA KOMITE MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) GANDEKAN BANTUL)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (329kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa komite sekolah/madrasah dibentuk sebagai wadah masyarakat yang peduli tergadap pendidikan dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan harapan masyarakat lokal maupun global. Akan tetapi keberadaan komite pun masih dipandang sebelah mata. Masih banyak yang beranggapan komite sekolah/madrasah tidak ubahnya BP3 di masa lampau. MAN Gandekan Bantul telah membentuk komite madrsah MAN Gandekan Bantul pada tahun pelajaran 2003-2004. Yang menjadi permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana profil komite madrasah dan bagaimana peran komite madrasah MAN Gandekan Bantul dalam pengembangan madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang peran komite madrasah dalam pengembangan madrasah sehingga kebijakan pendidikan di MAN Gandekan sesuai dengan kondisi masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar di MAN Gandekan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dan penulusuran dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan menggunakan pola berpikir induktif guna memperoleh makna dan kemudian ditarik kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh, penulis menggunakan metode triangulasi baik dengan menggunakan sumber ganda maupun dengan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) komite madrasah MAN Gandekan Bantul telah dibentuk sejak tahun pelajaran 2003-2004. Proses pemilihan ketuanya berlangsung demokratis maksudnya tidak ada intervensi dari manapun termasuk pihak madrasah. Kepengurusan komite madrasah terdiri dari 14 orang dan dinilai cukup representatif karena sudah memasukkan unsur pemerhati dan praktisi pendidikan, tokoh agama dan tokoh masyarakat, kalangan dunia usaha, alumni, pihak madrasah dan mayarakat secara umum. (2) komite madrasah MAN Gandekan Bantul telah berperan dalam pengembangan madrasah. Hal ini terbukti dari ide-ide komite madrasah antara lain: (a) menangani bantuan pembangunan gedung serbaguna, (b) mengusulkan dibukanya jurusan baru yang bersifat life skill (otomotif), (c) mengusulkan pelatihan karya tulis dan makalah bagi guru, (d) memberi pertimbangan terhadap kebijakan pendidikan MAN Gandekan Bantul agar sesuai dengan kondisi siswa, orang tua, masyarakat dan tuntutan global, (e) menjadi mediator antara pihak madrasah dan pihak luar seperti ketika mengadakan bakti sosial, bekerjasama dengan Menko Kesra, dan bekerjasama dengan bengkel-bengkel untuk tempat praktek siswa jurusan otomotif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Komite Madrasah, Pengembangan, Madrasah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2012 09:02
Last Modified: 09 Aug 2012 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2891

Actions (login required)

View Item View Item