STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BAHASA ARAB DALAM MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN SUMBERAGUNG JETIS BANTUL

DINE RAHMAN NIM. 0442 0910, (2009) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BAHASA ARAB DALAM MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN SUMBERAGUNG JETIS BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BAHASA ARAB DALAM MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN SUMBERAGUNG JETIS BANTUL)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BAHASA ARAB DALAM MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN SUMBERAGUNG JETIS BANTUL)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan strategi pembelajaran Bahasa Arab dan faktor-faktor yang berpengaruh dalam rangka membangkitkan minat belajar siswa di MTsN Sumberagung Jetis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi atas pelaksanaan strategi pembelajaran Bahasa Arab di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek penelitian yaitu Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dalam membangkitkan minat belajar siswa kelas VIII di MTsN Sumberagung Jetis. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis data kualitatif dengan metode deduktif dan induktif yaitu upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskan, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan strategi pembelajaran guru Bahasa Arab dalam membangkitkan minat belajar siswa dilakukan dengan menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi di setiap tahap pembelajaran, baik pada tahap pra instruksional, tahap instruksional, maupun tahap evaluasi dan tindak lanjut. Beberapa strategi yang dilakukan oleh guru Bahasa Arab adalah strategi card short, group to group, dan true or false. Beberapa strategi tersebut diterapkan secara variatif sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Penerapan strategi-strategi tersebut berjalan cukup efektif dan efisien dengan indikator guru mampu membangkitkan minat belajar siswa dan mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditentukan. (2) Faktor-faktor yang berpengaruh minat belajar siswa adalah faktor guru, faktor siswa, dan faktor media. Guru dapat menerapkan strategi pembelajaran dengan baik apabila guru tersebut memiliki empat kompetensi, yaitu; kompetensi personal, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogis. Perbedaan kemampuan, sikap, latar belakang, dan jumlah siswa juga mempengaruhi guru dalam menerapkan strategi pembelajaran. Sedangkan ketersediaan media, baik media sebagai alat maupun media sebagai sumber juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. SYAMSUDDIN ASYROFI, M.M
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran, Guru, Bahasa Arab, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 09 Aug 2012 10:36
Last Modified: 03 Apr 2017 02:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2892

Actions (login required)

View Item View Item